Menlu Retno: Tambahan 15 Juta Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba dalam Waktu Dekat

Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac baru saja tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Kamis (31/12/2020). Dalam waktu dekat, Indonesia kembali menerima 15 juta dosis vaksin yang juga berasal dari Sinovac, China. 

"Dalam waktu dekat diharapkan 15 juta dosis vaksin dari sinovac yang kemudian akan dimanufaktur oleh PT Bio Farma (Persero) akan juga tiba di Indonesia dalam waktu dekat ini," ujar Retno dalam konferensi pers di sekitar Bandara Soekarno-Hatta (Soetta),. 

Retno yang didampingi Menteri Kesehatan (Kemenkes) Budi Gunadi Sadikin beserta rombongan meninjau secara langsung kedatangan vaksin Covid-19. Dalam sambutannya, dia mengatakan, vaksin yang baru saja tiba akan dikirimkan ke Bio Farma di Bandung dengan menggunakan envirotainer diangkut menggunakan truk. 

Di dalam truk pun tersedia cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Vaksin di Indonesia untuk selanjutnya vaksin ini akan dikirim ke Bio Farma Bandung untuk penyimpanan sesuai dengan protokol penyimpanan vaksin secara aman sesuai dengan standar WHO (World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia)," kata dia. 

Ini merupakan pengiriman tahap II setelah pengiriman tahap I sebesar 1,2 juta dosis vaksin pada 6 Desember 2020. Dengan ketibaan ini, maka telah ada 3 juta dosis vaksin Sinovac yang berada di Indonesia. 

Retno menegaskan, sejak awal pemerintah Indonesia terus menjalin komunikasi untuk mengamankan pasokan vaksin dari berbagai sumber lain.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan