RI Bangun 7 Bandara Baru di Pelosok Tahun Depan, Ini Daftarnya

Ilustrasi/Foto: Agus Suparto/Setpres
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan melanjutkan pembangunan beberapa moda transportasi di Indonesia. Dia menyebutkan ada tujuh bandara di daerah pelosok yang akan dibangun Kemenhub tahun depan.

Selain itu Kemenhub juga akan fokus untuk melakukan penyelesaian pembangunan LRT Jabodebek di tahun depan.

"Tahun depan kita akan melanjutkan LRT Jabodebek. Kita juga akan bangun 7 bandara di daerah pelosok," ujar Budi Karya dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/12/2020).

Adapun tujuh bandara itu adalah Bandara Bantu Kunik di Tana Toraja, Bandara Haji Muhamad Sidik di Muara Taweh, Bandara Tambelan di Bintan, dan Bandara Siau di Sulawesi Utara.

Kemudian, ada Bandara Pantar di Alor, Bandara Tebelian di Sintang, dan Bandara Kuabang Kao di Halmahera Utara.

Dia pun memaparkan sederet infrastruktur transportasi yang berhasil diselesaikan pembangunannya di tahun ini. Paling baru dia menjelaskan ada proyek logistik berupa pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat. Dia menjelaskan pelabuhan ini baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo tanggal 20 Desember yang lalu.

Masih pada sektor perhubungan laut, dia juga mengatakan Kemenhub tahun ini juga menyelesaikan pembangunan pelabuhan wisata Gili Mas di Lombok, NTB.

"Pertama ada proyek logistik, kami membangun Pelabuhan Patimban yang tanggal 20 kemarin diresmikan pak Jokowi. Kita juga bangun pelabuhan di Lombok, pelabuhan Gili Mas," papar Budi Karya.

Lebih lanjut di sektor perkeretaapian, Budi Karya memamerkan capaian pembangunan berupa jalur kereta api ganda di bagian selatan Jawa.

"Jalur ganda kereta api di Jawa bagian selatan yang mungkin jarang diketahui, namun memberikan dampak safety bagi konektivitas kereta api," ujar Budi Karya.

Ada juga proyek kereta api yang berupa reaktivasi rel kereta menuju kota kecil. Salah satunya adalah menghubungkan daerah Cianjur, Ciranjang, dan Cipatat.

"Kita lakukan juga reaktivasi kereta api yang menuju kota kecil, sebagai contoh kita lakukan di Cianjur, Ciranjang, Cipatat yang akan tehrubung ke Bandung," ujar Budi Karya.

Di sisi udara, Budi Karya menyebutkan keberhasilan pembangunan bandara Kulon Progo di Yogyakarta dan pembuatan fasilitas runway 3 di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan