Bappenas: Sistem Bansos Akan Dirancang Ulang

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah akan merancang ulang sistem bantuan sosial ( bansos) untuk masyarakat.

Hal ini disampaikannya usai mengikuti rapat dengan Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko PMK Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Selasa (5/1/2021).

"Ke depan kita susun kembali, kita rancang ulang, kita desain hal-hal yang sudah kita laksanakan hari ini untuk kita integrasikan sedemikian rupa," ujar Suharso dalam keterangannya yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Menurut Suharso, ada dua hal yang menjadi sasaran perbaikan. Pertama mengenai ketepatan data dengan data berbasis digital.

Hal itu penting diperbaiki agar proses penyaluran bansos akurat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kedua, pemerintah akan menyusun kembali program-program bansos yang selama ini ada di berbagai kementerian/lembaga.

"Kita susun kembali agar efektif dan bisa kita satu padaukan untuk hanya beberapa program strategis dalam rangka bansos," tutur Suharso.

"Jadi bansos-bansos itu supaya efektif bagaimana caranya program-program yang tersedia di berbagai K/L itu kita uji kembali mengenai kesahihannya sampai tingkat bawah seperti apa," lanjutnya.

Dalam hal penataan kembali program bansos ini, kata Suharso, Bappenas diberi tugas oleh Presiden untuk penataan data dan penyalurannya.

Selain soal penataan ulang sistem bansos di Indonesia, rapat pada Selasa juga membahas pelaksanaan penataan itu.

Selain itu rencana strategis penataan pun telah disusun hingga 2024.

"Time frame sudah dibuat bappenas sampai 2024," tambah Suharso. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan