Daya Beli Masyarakat Tertekan, Jokowi Akan Lanjutkan Program Bansos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, kunci pemulihan ekonomi terletak pada peningkatan daya beli masyarakat. Namun hingga saat ini permintaan belum naik, terutama dari kelas menengah.

“Sebetulnya ruang yg paling besar untuk memperkuat, menaikkan, meningkatkan demand itu adalah di kelas menengah. Yang sampai saat ini belum bergerak untuk demand-nya naik,” katanya dalam CEO Forum, Kamis (21/1/2021).

Oleh karena itu, Jokowi telah menginstruksikan jajarannya untuk melanjutkan program bantuan sosial (bansos) di samping bantuan untuk pelaku UMKM pada tahun ini. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi bisa meningkat.

“Dalam jangka pendek, ini akan kita teruskan yang berkaitan dengan bantuan sosial untuk yang tidak mampu. Kemudian, yang berkaitan dengan bantuan untuk usaha mikro, kecil, menengah terus, insentif pajak, bantuan modal darurat terus,” tuturnya.

Tak hanya itu, mantan gubernur DKI Jakarta itu akan melanjutkan program kartu prakerja bagi masyarakat yang terkena PHK. “Untuk apa? Agar ada daya beli, agar ada konsumsi, agar ada demand,” ucapnya.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan