Jokowi Luncurkan Bantuan Tunai 2021: Bapak-bapak Jangan Beli Rokok!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program bantuan tunai se-Indonesia. Jokowi mengingatkan dana bantuan tunai ini harus dipakai penerima dengan baik dan tepat.

"Hari ini di awal 2021 saya meluncurkan langsung bantuan tunai se-Indonesia pada masyarakat penerima, sekali lagi untuk program keluarga harapan, program sembako dan bantuan sosial tunai," kata Jokowi dalam siaran langsung YouTube Setpres, Senin (4/1/2020).

Jokowi menjelaskan bantuan tunai di tahun 2021 akan diberikan kepada masyarakat dalam beberapa tahapan. Dari PKH hingga bantuan sosial tunai diberikan dalam tahapan yang sudah diatur.

"Yang PKH ini dalam 4 tahap melalui Bank Himbara, bank-bank milik negara, kemudian yang program sembako akan disalurkan dari Januari nanti sampai Desember 2021, nilainya sudah disampaikan Bu Menteri Sos Rp 200 ribu per KK per bulan," ucap Jokowi.

"Kemudian bantuan sosial tunai, BST, diberikan selama 4 bulan, Januari, Februari, Maret, April dan nilainya 300 ribu rupiah per bulan per KK," tegas Jokowi.

Jokowi mengharapkan bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi COVID. Jokowi juga berharap bantuan ini dapat memicu pergerakan ekonomi.

"Kemudian kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional kita, memperkuat daya beli masyarakat sehingga kita harapkan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik," sebut Jokowi.

Jokowi kemudian menekankan kepada para penerima agar memanfaatkan bantuan tunai ini secara tepat. Terkhusus untuk bapak-bapak, Jokowi meminta bantuan tunai ini tak dibelanjakan rokok.

"Kemudian untuk penerima saya pesan, tadi sudah disampaikan oleh Bu Mensos juga, manfaatkan bantuan ini secara tepat. Kalau yang untuk beli sembako ya beli sembako, jangan ada yang digunakan untuk beli rokok," ucap Jokowi.

"Hati-hati, ini yang bapak-bapak terutama, jangan dipakai untuk beli rokok. Belikan sembako sehingga bisa mengurangi beban keluarga di saat masa pandemi ini. Jadi diutamakan untuk memenuhi pokok dan pangan untuk keluarga. Tadi sudah disampaikan juga Bu Mensos. Saya ulang biar jelas semuanya," jelas Jokowi.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan