Jokowi Pasang Target Investasi 2021 Rp900 Triliun, Kepala BKPM: Saya Coba

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengukapkan bahwa pihaknya diberi target realisasi investasi 2021 oleh Presiden Joko Widodo sebesar Rp900 triliun. Angka cukup jauh dibandingkan yang disampaikan Bappenas sebesar Rp858,5 triliun.

"Bappenas menyampaikan target investasi sebesar Rp856 triliun, tapi arahan Bapak Presiden harus Rp900 triliun. karena saya sebagai pembantu presiden harus loyal dan taat kepada komandan," katanya dalam konferensi secara virtual, Senin (25/1/2021).

Dia mengaku, bahwa target yang ditetapkan Presiden bukan pekerjaan yang mudah. Namun, pihak akan bekerja keras dengan strategi yang dimiliki oleh BKPM.

"Saya akan coba memformulasikan itu dengan langkah-langkah kongkrit, komprehensif dan terukur agar mencapai target tersebut," jelasnya.

Dia menambahkan, realisasi yang ditargetkan ini bisa tercapai jika pandemi bisa diatasi dengan baik. Salah caranya dengan program vaksinasi yang telah dijalankan oleh pemerintah.

"Kedua adanya UU Cipta Kerja, memberikan dampak positif bagi investor. Rencananya Februari bisa kita eksekusi," tandasnya

Sementara itu, BKPM mencatat realisasi investasi kuartal IV-2020 sebesar Rp214,7 triliun atau naik 2,7% dibanding bulan sebelumnya. Sementara, jika dibandingkan tahun 2019, investasi kuartal IV-2020 naik sebanyak 3,1%.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, capaian tersebut terdiri atas penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp103,6 triliun (48,3%) dan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp111,1 triliun (51,7%).

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, pertumbuhan investasi PMDN pada kuartal IV-2020 meningkat sebesar 0,7%. Sedangkan, investasi PMA pada naik tersebut naik 5,5%.

"Yang menarik, PMA lebih tinggi dari PMDN, baik secara kuartal atau year on year (yoy)," katanya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan