Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal: Ini Bukan untuk Gagah-gagahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta. Ini merupakan renovasi besar-besaran pertama sejak Masjid Istiqlal diresmikan pada 1978.

Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1/2021), Jokowi tiba di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pukul 17.48 WIB. Turut hadir mendampingi Jokowi antara lain Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Hari ini Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi. Alhamdulillah. Ini merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun yang lalu. Seperti disampaikan bapak imam besar, menelan biaya Rp 511 miliar dari APBN," kata Jokowi.

Jokowi memuji hasil renovasi Masjid Istiqlal yang memperhatikan aspek arsitektur, seni, estetika, tetapi juga mempertahankan Masjid Istiqlal sebagai cagar budaya. Jokowi menjelaskan Masjid Istiqlal yang sudah direnovasi akan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

"Renovasi Masjid Istiqlal agar semakin megah bukan untuk gagah-gagahan, bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tetapi seluruh bangsa Indonesia," ujar Jokowi.

Diketahui bahwa pembangunan renovasi Masjid Istiqlal sudah dilakukan sejak Mei 2019. Dalam renovasi yang dilakukan ini, setidaknya pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 511 miliar.

Renovasinya sendiri ditargetkan selesai 300 hari kerja. Kontraktor yang akan melaksanakan pemugaran masjid ini ialah PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan manajemen konstruksi PT Virama Karya (Persero).

Salah satu aspek yang diperbarui adalah tata pencahayaannya yang dilengkapi teknologi kekinian. Selain pencahayaan di dalam masjid, pencahayaan di bagian luar masjid pun turut dibenahi. Salah satunya dengan menyinari kubah di Masjid Istiqlal. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan