Jokowi Ungkap Besarnya Potensi Wakaf di RI, Tembus Rp 2.000 T

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan potensi wakaf di Indonesia sangat besar. Ia menyebut, potensi aset wakaf di Indonesia mencapai Rp 2.000 triliun per tahunnya.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah yang disiarkan lewat YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/1/2021).

"Potensi wakaf sangat-sangat besar di negara kita. Potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp 2.000 triliun, dan potensi wakaf uang bisa menembus angka Rp 188 triliun," katanya.

Maka itu, Jokowi ingin pemanfaatan wakaf tak lagi hanya tujuan ibadah. Jokowi bilang, tujuan wakaf mesti dikembangkan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan di dalam masyarakat

"Oleh karena itu kita perlu perluas lagi cakupan pemanfaatan wakaf, tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah tapi dikembangkan untuk tujuan sosial ekonomi yang memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat," katanya.

Dalam peluncuran kali ini, Jokowi mengatakan bukan hanya untuk meningkatkan kesadaran dan literasi ekonomi dan keuangan syariah. Menurutnya, sebagai upaya memperkuat kepedulian dan solidaritas untuk untuk mengatasi kemiskinan.

"Tetapi sebagai upaya memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di negara kita," katanya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan