Menkes: Tenaga Layanan Publik Termasuk TNI-Polri Mulai Vaksinasi Awal Maret

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada sekitar 490 ribu tenaga kesehatan (nakes) telah divaksinasi COVID-19. Budi menargetkan 1,5 juta tenaga kesehatan selesai divaksinasi pada akhir Februari.

"Nah, alhamdulillah sampai kemarin, kita sudah berhasil melakukan vaksinasi kepada sekitar 490 ribu nakes," kata Budi Gunadi Sadikin dalam webinar berjudul 'Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Bangkit' yang disiarkan secara virtual, Sabtu (30/1/2021).

"Jadi diharapkan sampai akhir bulan ini kita sudah dalam dua minggu kita lakukan vaksinasi ke 500 ribu nakes sehingga target 1,5 juta tenaga kesehatan bisa kita selesaikan akhir Februari bulan ini," sambungnya.

Lebih lanjut Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah akan mulai berfokus melakukan vaksinasi terhadap para tenaga layanan publik di awal Maret 2021, termasuk terhadap personel TNI dan Polri.

"Sesudah nakes 1,5 juta pada akhir Februari, kita akan masuk ke tenaga layanan publik, termasuk TNI dan Polri masuk di kategori ini. Jadi diharapkan mulai awal Maret kita sudah bisa melakukan suntikan untuk layanan publik dan diharapkan layanan publik ini akan berjalan sampai beberapa bulan karena memang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia," ucapnya.

Setelah setiap elemen pelayanan publik mendapat vaksin COVID-19, menurut Budi, proses vaksinasi akan mulai dilakukan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Ia berharap proses vaksinasi Corona untuk masyarakat bisa dimulai pada akhir April 2021.

"Satu bulan atau satu setengah bulan setelah pelayanan publik dimulai, diharapkan di akhir April kita bisa mulai membuka terhadap seluruh penduduk Indonesia untuk dilakukan vaksinasi karena itu tadi, karena kita dikejar secepat-cepatnya bisa menyuntik sebanyak-banyaknya vaksin ke seluruh Indonesia," tutur Budi.

Untuk diketahui, program vaksinasi COVID-19 tengah dilakukan pemerintah sejak awal 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19. Presiden Jokowi disuntik bersama sejumlah tokoh lainnya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (13/1).

Presiden Joko Widodo pun kembali menjalani vaksinasi ke-2 Corona di Istana Kepresidenan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1). Jokowi menerima vaksin kedua Corona pada pukul 08.30 WIB.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan