Menteri Basuki Sebut 224 Rumah di Cimanggung Sumedang Zona Merah Longsor

Pasca terjadinya bencana longsor longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merelokasi ratusan rumah terdampak akibat bencana longsor itu.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebutkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi mengidentifikasi 224 rumah telah masuk zona merah, yakni 132 rumah berada di atas lokasi longsor (Perum SBG), dan yang di bawah ada 92 rumah (Perum Pondok Daud dan rumah warga)

"Lokasi yang di atas kan developer. Nanti akan dicek dulu," ucap Basuki Hadimuljono ditemui di lokasi longsor, Kamis (14/1/2021).

Lebih lanjut Basuki menyebutkan, secara prinsip pemerintah melalui Kementerian PUPR akan membantu relokasi rumah warga yang berada di zona merah, dan tanahnya akan disiapkan oleh Pemerintah Daerah Sumedang. Namun, kata Menteri, Jangan sembrono, lokasinya harus aman dari longsor

"Untuk lokasi relokasi nanti, Kementerian PUPR akan membantu pembangunan rumah permanen," ucapnya.

Basuki menuturkan, Pemkab Sumedang harus mengevaluasi perizinan perumahan. Mana saja yang lokasinya rawan bencana.

"Ini semua lokasi perumahan berada di daerah rawan bencana, harus keras tapi harus bijak. Kalau perumahan di lereng seperti ini ngeri liatnya," tuturnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan