Presiden Jokowi Luncurkan Program Bantuan Tunai Se-Indonesia 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/1/2021).

Tampak hadir Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan perwakilan penerima bantuan. Acara peluncuran juga diikuti secara daring oleh para gubernur dan penerima manfaat dari berbagai daerah di Tanah Air.

Program bantuan sosial yang diluncurkan terdiri atas Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

PKH dan Program Sembako merupakan transformasi dari Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang menjadi Bansos Reguler yang pernah disalurkan sebelum pandemi Covid-19.

Sementara itu, BST adalah bantuan khusus yang diberikan kepada masyarakat penerima manfaat di saat terjadi penyebaran pandemi Covid-19. Sebelumnya, BST disalurkan kepada penerima manfaat di wilayah luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sedangkan penerima manfaat di Jabodetabek menerima Bansos Sembako.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, Bansos Sembako kemudian diganti menjadi Bansos Tunai untuk menghindari penyimpangan. Program Bansos Sembako (BPNT) dan PKH disalurkan lewat Himpunan Bank Negara (Himbara). Sedangkan BST disalurkan melalui PT Pos Indonesia.[beritasatu.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan