Presiden Jokowi: Perusahaan Besar dan UMKM Harus Sama-Sama Untung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik model bisnis kemitraan antara usaha besar dengan UMKM. Menurutnya model bisnis ini harus terus dilembagakan karena dapat membawa UMKM Indonesia naik kelas.

Meski begitu, Jokowi mengingatkan bahwa dalam model bisnis ini keduanya harus untung. Jangan sampai ada salah satu yang mengalami kerugian.

“Bisnis model kemitraan ini harus terus dilembagakan. Harus menemukan pola relasi yang saling menguntungkan antara usaha besar dengan UMKM. Semua harus untung. Enggak bisa yang gede suruh rugi, UMKM suruh untung. Enggak, semuanya harus untung,” katanya dalam acara Penandatanganan Kerja sama Dalam Rangka Kemitraan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan UMKM di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (18/1/2021).

Terkait hal tersebut, Jokowi memastikan bahwa pemerintah akan berupaya membangun ekosistem yang kondusif bagi kolaborasi ini.

“Pemerintah akan terus berupaya dan membangun ekosistem yang kondusif agar kolaborasi usaha besar dengan UMKM ini menguntungkan kedua belah pihak,” ujarnya.

Dia berharap bahwa model seperti ini bisa terus diperluas. Sehingga model seperti ini bisa banyak di masa-masa yang akan datang.

“Saya minta ini bisa diperluas. Karena saya tahu ini baru tahap awal, bisa diperluas, bisa diperbanyak di masa-masa yang akan datang,” ungkapnya.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan