Soal BLT Desa, Sri Mulyani Minta Risma Perbaiki Data

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk masyarakat desa. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan BLT ini targetnya untuk masyarakat desa yang belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pusat dan daerah. 

Untuk itu, Kemenkeu meminta Kementerian Sosial yang digawangi Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) memperbaiki data penerima BLT untuk masyarakat desa. 

"Data yang perlu kita perbaiki. Seperti Kementerian Sosial harus perbaikan data seiring pelaksanaan bansos dan kita melihat ada berapa yang dapat program keluarga harapan (PKH) dan berapa yang sembako, BLT Jabodetabek maupun non-Jabodetabek, dan memberikan dana desa agar Kemensos mendapatkam data update," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam video virtual, Selasa (19/1/2021). 

Sri Mulyani mengatakan, banyak data penerimaan BLT tidak update. Jadi difokuskan update Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) itu secara berjenjang dan bertahap. 

"Kita mau update sampai dengan kabupaten dan kelurahan sampai RT dan RW. Dana desa update data terpadu bansos ini butuh waktu jadi covidnya melinjak jadi kita memutuskan pertahankan sebagai dana desa bantuan sosial untuk bansos," katanya. 

Dia menambahkan pihaknya juga akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa dan Kementerian Sosial agar penyaluran BLT ini bisa tepat sasaran 

"Kita bekerja sama dengan kementerian terkait, terutama sosial dan desa serta kemandagri," ujar Sri Mulyani.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan