Tiba di Mamuju, Jokowi Tinjau Kantor Gubernur Sulbar Ambruk Akibat Gempa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kota Mamuju untuk meninjau wilayah terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,2 dan posko pengungsian. Jokowi juga langsung mengecek Kantor Gubernur Sulbar yang ambruk akibat gempa.

Pantauan detikcom di Kantor Gubernur Sulbar, Jalan Abdul Malil Pattana Endeng, Selasa (19/1/2021), Jokowi beserta rombongan tiba sekitar pukul 12.00 Wita.

Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljon turun dari mobil dan langsung melihat langsung kondisi Kantor Gubernur Sulbar yang ambruk akibat gempa. Ada sekitar 10 menit lamanya Jokowi di lokasi tersebut.

Dari lokasi tersebut, Jokowi berserta rombongan kemudian bergerak menuju salah satu pusat pengungsian yang berada di Stadion Mamuju. Di sana Jokowi diagendakan menyapa langsung pengungsi dan membagikan bantuan logistik.

Sebelumnya diberitakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 84 orang meninggal akibat gempa di Sulbar. Selain itu total terdapat 932 orang luka-luka baik ringan maupun berat.

Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa per Senin (18/1/2021) pukul 14.00 WIB menjadi 84 orang. Rinciannya, 73 orang meninggal di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene.

"Selain itu, tercatat 679 orang luka ringan serta terdapat 253 orang mengalami luka berat, yaitu 189 orang luka berat di Kabupaten Mamuju dan 64 orang luka berat di Kabupaten Majene," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangannya.

Selain itu, Pusdalops BNPB juga melaporkan sebanyak 19.435 orang mengungsi pascagempa M 6,2. Rinciannya, 4.421 orang mengungsi di Kabupaten Majene dan 15.014 orang mengungsi di Kabupaten Mamuju. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan