FX Rudy-Menteri PUPR Resmikan Flyover Purwosari Solo

Flyover Purwosari, Solo, akhirnya diresmikan hari ini, Sabtu (13/2/2021). Siang ini, flyover sudah bisa dioperasikan untuk kendaraan kecil.

Peresmian Flyover Purwosari dilakukan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (FX Rudy) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebelumnya, rencana peresmian sempat diundur sejak Rabu lalu.

"Saya nyatakan diresmikan, semoga bermanfaat untuk kita semua," kata Rudy menutup sambutan. Mereka kemudian menekan tombol sirine sebagai simbol peresmian.

Rudy mengatakan penyelesaian pembangunan Flyover Purwosari sebenarnya ditarget rampung April 2021. Namun Februari ini flyover sudah bisa dioperasikan.

"Target April, selesai pada Februari ini. Atas nama Pemerintah Kota Surakarta, saya mengucap terima kasih atas semua pihak yang telah memberi dukungan pada penyelesaian flyover ini," kata Rudy.

Usai peresmian, Menteri Basuki menjelaskan bahwa konstruksi flyover menggunakan mortar busa. Adapun proyek tersebut menghabiskan anggaran Rp 114,2 miliar dari APBN.

"Konstruksinya adalah mortar busa supaya lebih cepat. Ini yang kita pakai di Antapani Bandung lebih cepat dan murah juga, di Manahan juga mortar," kata Basuki.

Dia berharap dengan adanya Flyover Manahan, kemacetan di titik tersebut bisa jauh berkurang. Sebab Purwosari merupakan jalur akses dari dan ke luar kota.

"Semoga flyover ini bermanfaat, bisa mengurai kemacetan yang terjadi karena kereta api," katanya.

Adapun Flyover Purwosari terdiri dari jalan sepanjang 700 meter yang dibagi dua jalur ke timur dan barat. Di bagian timur dan barat terdapat ornamen ilustrasi tari gambyong sebagai simbol selamat datang.

Meski telah beroperasi, masih ada beberapa pekerjaan minor yang harus diselesaikan. Antara lain pengecatan ornamen batik dan penyelesaian skate park di bawah flyover sisi barat. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan