Imlek 2572, Jokowi: Semoga Kita Semua Tetap dalam Semangat Persaudaraan

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan Imlek 2572 Kongzili kepada umat Konghucu dan masyarakat etnis Tionghoa.

Jokowi menyebut, perayaan Imlek tahun ini berbeda dengan sebelumnya.

"Hari raya Imlek ini kita tak leluasa untuk merayakannya dengan sukacita bersama-sama. Tapi semua itu tak mengurangi rasa syukur atas limpahan kedamaian dan cinta kasih dalam keluarga," ujar Jokowi dalam unggahan di akun Twitter resminya @Jokowi pada Jumat (12/2/2021).

Jokowi berharap, semangat Imlek 2021 membawa kebaikan bagi semua pihak.

"Semoga kita semua tetap dalam semangat persaudaraan serta dijauhkan dari penyakit dan bencana. Gong xi fa cai," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau agar Tahun Baru Imlek 2572 dirayakan secara sederhana dan digelar virtual. Sebab, pandemi Covid-19 belum mereda.

Sementara itu, Karo Penmas Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengimbau agar perayaan Tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh pada Jumat (12/2/2021) digelar secara daring untuk mencegah penularan Covid-19.

Rusdi mengatakan, hal ini sejalan dengan imbauan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Polri untuk kegiatan-kegiatan pengamanan khususnya Imlek, tentunya apa yang disampaikan oleh Menteri Agama agar kegiatan Imlek itu dengan menggunakan daring," kata Rusdi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Ia menjelaskan, Polri pun menginstruksikan kepada seluruh polres dan polda untuk membuat rencana pengamanan untuk mencegah kerumunan saat perayaan Imlek.

Rencana pengamanan dibuat berdasarkan situasi kerawanan di tiap wilayah.

"Artinya satuan-satuan kewilayahan dan Polri di dalamnya telah siap untuk mengamankan kegiatan Imlek," ujar Rusdi.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan