Ingkar Cipinang Melayu Bebas Banjir, Rusmiati Minta Anies Tanggung Hidupnya

Rusmiati, sosok nenek berusia 58 tahun yang ada dalam foto unggahan Instagram Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, meminta hidupnya ditanggung sang pemimpin Ibu Kota itu. Sebab Anies yang menjanjikan RW 9 Kelurahan Cipinang Melayu terbebas banjir tidak ditepati.

“Makanya saya mau ngomong, minta bantuan ke Pak Anies, selamanya saya hidup saja,” kata Rusmiati saat ditemui Suara.com, Senin (22/2/2021).

Rusmiati adalah warga Cipinang Kampung Melayu, Jakarta Timur yang sempat difoto dan diunggah ke Instagram pribadinya, Anies.

Beberapa waktu lalu, dalam unggahannya itu, Anies menuliskan bahwa RW 4 Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur terbebas banjir. Namun, kenyataannya pada Jumat-Minggu (19-21/2/2021) banjir masih melanda kawasan itu, bahkan ketinggiannya mencapai 3-4 meter. 

“Kenapa Pak, Bapak kemarin bilang bebas banjir, tapi sekarang banjir lagi. Saya kecewa,” kata Rusmiati.

Rusmiati pun mengatakan bahwa saat ini dia tinggal bersama anak dan cucunya. Pekerjaannya pun hanya sebagai ibu rumah tangga.

“Saya tinggal bersama anak dan satu cucu saya,” ujar Rusmiati.

Dia pun mengenang, saat sosok orang nomor satu DKI Jakarta itu memeluknya dan mengatakan bahwa daerah tempat tinggalnya sudah terbebas banjir.

“Yang meluk juga dia (Anies), peluk Bu, kata dia gitu, sambil bilang, sudah tidak banjir lagi Bu, katanya gitu. Pelukannya sudah seperti keluarga gitu” ujar Rusmiati mengingat pernyataan Anies kepadanya.

Trauma

Rusmiati berkisah, banjir mulai menggenang rumahnya di RW 4 RT 6 sejak Jumat pagi (19/2). Saat itu, kata dia, ketinggian banjir masih mencapai dengkulnya, namun perlahan mencapai ketinggian 3-4 meter.

Beruntung pada saat air masih rendah, Rusmiati sudah mengungsi ke rumah anaknya yang berada di Keranji. Karena peristiwa itu, Rusmiati mengatakan dirinya stres.

“Bukan Trauma lagi, stres saya,” ujarnya.

Apalagi sejumlah barang elektroniknya seperti kulkas, tape recorder, dan mesin cuci rusak terendam, bahkan lemari yang baru dibelinya juga bernasib sama.

“Lemari baru beli, baru beli pisan. Saya kan orang enggak punya ya,” ujar Rusmiati.

Di samping itu, Rusmiati juga mengatakan, sudah tidak tahu, jika Anies kembali berjanji daerah tempat tinggalnya terbebas banjir.

“(Kalau Anies janji lagi) nggak tahu deh (masih percaya atau tidak),” ujarnya.

Atas peristiwa itu, Rusmiati pun berharap, Anies segera datang ke RW 4 Kelurahan Cipinang Melayu untuk melihat kondisinya dan warga lain.

“Berharap Bapak Anies datang. Katanya sih Insya Allah mau datang. Kalau Pak Anies datang saya mau bilang, janjinya gimana sih, janjinya katanya enggak banjir lagi, ternyata banjir” ujarnya.

Banjir yang menggenangi RW 4 Kelurahan Cipinang Melayu sejak Jumat (19/2) disebabkan luapan aliran Kali Sunter karena intensitas hujan tinggi. Bahkan, saat banjir terjadi ketinggian air sempat mencapai 3-4 meter, lalu perlahan surut pada Minggu sore sekitar 50 cm.

Diketahui, kawasan RW 04 Cipinang Melayu sempat diklaim Anies Baswedan terbebas dari banjir. Hal itu diketahui berdasarkan unggahan Anies dari akun Instagramnya.

Ia mengunggah foto perbandingan saat tahun 2017 ketika banjir dengan sekarang. Tampak Anies dalam foto itu dipeluk oleh seorang ibu bernama Rusmiati sambil tergenang banjir setinggi pinggangnya. Di unggahan yang sama tampak ada foto Anies masih bersama Rusmiati tak lagi kebanjiran.

“Kita semua patut bersyukur karena warga kawasan RW 04 dan RW 03 Cipinang Melayu bisa merasakan musim penghujan tanpa kebanjiran,” ujar Anies dalam keterangan instagramnya. [suara.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan