Mahfud MD Sebut Juliari Batubara Sempat Curhat soal Dana Bansos, Ini Ceritanya

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD pernah didatangi Juliari Batubara yang mengeluh soal dana bantuan sosial (bansos). Belakangan, mantan menteri sosial itu ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait korupsi dana bansos.

Mahfud menuturkan, Juliari pernah mengeluh kepadanya soal rumitnya administrasi penyaluran dana bansos

"Ketika awal pandemi itu, Mensos (Juliari) itu datang ke saya. 'Pak, ini kami dana banyak tapi sulit menyalurkan bansos karena administrasinya untuk pertanggung jawaban dari BPK terlalu rumit, sehingga tidak banyak yang berani takut disalahkan korupsi'," katanya dalam acara BPK secara virtual, Kamis (4/2/2021).

Mahfud kemudian menemui Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna dan jajarannya agar dana bansos. Dari keterangan BPK, administrasi bansos tak rumit asal disalurkan dengan jujur dan transparan.

"Kemudian saya datang ke sini  ke Pak Firman, apa betul? (Kata Pak Firman) Tidak. Saya bilang jalan saja, nggak usah takut, tahu-tahu menterinya di OTT (Operasi Tangkap Tangan), tapi sebenarnya nggak rumit, jalan tuh. Yang penting ada niat bahwa ini bisa dijalankan dengan baik," imbuhnya.

Mahfud mengatakan, program bansos harus tetap dijalankan untuk membantu masyarakat. Tak hanya BPK, dia juga mendapatkan jaminan dari KPK terkait penyaluran bansos asal anggaran tak diselewengkan.

"Saya mendapat jaminan, jalan saja Pak, kami jamin tidak ada apa-apa asal dikelola dengan baik, dengan benar, bukan mencari cara untuk korupsi, karena kalau sudah mencari-cari cara, kami sudah benarkan secara materil, KPK turun tangan, dan itu terjadi," kata Mahfud. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan