Pelantikan Gibran Jadi Wali Kota Solo Digelar Virtual Pekan Depan

Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan akan dilantik sebagai Wali Kota Solo pekan depan. Karena masa pandemi COVID-19, pelantikan bakal dilakukan secara virtual.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo, Ahyani, mengatakan pihaknya telah menerima surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Disebutkan bahwa pelantikan wali kota definitif dilakukan 26 Februari 2020.

"Tanggal 26 Februari nanti. Kita juga diminta melakukan gladi bersih," kata Ahyani saat dihubungi wartawan, Jumat (19/2/2021).

Pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Selain Solo, sejumlah kepala daerah di Jawa Tengah juga akan mengikuti pelantikan secara serentak.

Dia menyiapkan ruang Balai Tawangarum untuk lokasi pelantikan. Pelantikan Wali Kota Solo ini akan dibatasi untuk kapasitas 25 orang.

"Nanti rencananya di Balai Tawangarum. Jumlah peserta dibatasi maksimal 25 orang, dari forkopimda dan DPRD," ujar dia.

Untuk diketahui, jabatan Wali Kota Solo yang dipegang FX Hadi Rudyatmo telah berakhir pada 17 Februari 2021 lalu. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, belum dilantik dan saat ini jabatan Wali Kota Solo dipegang pelaksana harian (Plh) yakni Sekda Solo, Ahyani.

Gibran-Teguh menang di Pilkada Solo 2020. Mereka mengalahkan rivalnya, Bagyo Wahyono-FX Supardjo dengan perolehan 225.451 suara atau 86,54 persen. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan