Peringatan Keras BI! Hati-Hati Bikin Candaan Uang Redenominasi Rp100 Gambar Jokowi

Bank Indonesia (BI) meminta netizen berhati-hati saat meviralkan uang Rupiah. Apalagi soal candaan Rupiah yang diredenominasi dengan pecahan Rp100 bergambar Presiden Jokowi.

Hal ini dikarenakan itu viralnya video uang redenominasi Rp100 bergambar wajah Jokowi di media sosial bisa menganggu stabilitas ekonomi.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, tidak ada sanksi yang memberikan informasi yang tidak benar tersebut. Namun itu bisa menganggangu kedaulatan rakyat

"Kami sangat ingin menyampaikan kepada para Netizen untujk berhati-hati di area Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan NKRI ini," kata Erwin saat dihubungi Jakarta, Senin (8/2/2021).

Erwin menjelaskan, saat ini rencana redenominasi tetap ada, tapi akan sangat ditentukan kondisi sosial, politik dan ekonomi. Walaupun redenominasi sebenarnya tidak akan mengubah daya beli dari uang yang di punya.

"Kondisi sosial tersebut akan menentukan akseptasi masyarakat. Artinya, plesetan atau bahkan hasutan seperti dalam contoh tadi itu bisa terjadi dalam skala yang luas, sehingga kondisi sosial, politik dan ekonomi yang stabil menjadi sangat penting dalam implementasi redenominasi. Pengalaman di banyak negara menunjukan hal tersebut," tandasnya.

Sebelumnya, viral uang redenominasi Rp100 bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial. Hal ini menghebohkan jagat dunia maya.

Hal ini dibagikan oleh akun Instagram @jakarta.keras. Dalam postingan akun Instagram tersebut, terdapat video yang menunjukkan uang Rupiah bergambar Presiden Jokowi dengan pecahan Rp100. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan