Risma Datang Dini Hari ke Posko Pengungsian Banjir Pekalongan Bawa Tikar dan Selimut

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendatangi sejumlah lokasi pengungsian dan dapur umum di Kota dan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (12/2/2021).

Tiba sekitar pukul 01.30 WIB, langsung meninjau lokasi pengungsian banjir di Stadion Hoegeng yang didirikan Brimob,TNI dan Tagana dan memeriksa dapur umum.

Risma juga meninjau salah satu lokasi yang terdampak banjir di Kelurahan Pasirkratonkramat, Kota Pekalongan.

Risma mengatakan, dalam penanganan banjir di Kota Pekalongan,yang menjadi poin penting adalah tidak adanya warga yang terlantar dan kebutuhan sandang pangan korban banjir terpenuhi.

"Agar warga tidak terlantarkan, yang paling penting itu. Kami juga sudah mengecek bagaimanan kondisi pengungsian, ketersediaan makanan, penerapan protokol kesehatan, Alhamdulillah semua penanganannya bagus bagus," kata Risma saat berada di lokasi pengungsian Aula SMK 2 Kota Pekalongan, Jumat.

Dalam kunjungannya, Risma turut prihatin atas musibah banjir yang terjadi hampir merata di wilayah pantura khususnya di Kota Pekalongan.

Terlebih, pihaknya juga menekankan kepada pemerintah setempat dan pihak-pihak terkait agar dapat mengantisipasi bencana banjir ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan mengetahui penyebab banjir serta mencari solusi penanganannya yang tepat.

"Musibah banjir ini adalah cobaan, kita semua harus sabar. Saya juga sudah berbincang kepada Pak Wali Kota dan unsur terkait lainnya mengenai penanganan banjir ini agar jangan sampai menimbulkan korban. Penyebab banjir juga harus bisa diketahui dan bisa diselesaikan," ucap mantan wali kota Surabaya dua periode ini.

Dalam kunjungannya ke Kota Pekalongan, Risma juga memberikan bantuan selimut, tikar, dan makanan ringan kepada para pengungsi.

Data terakhir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, banjir yang menerjang Pekalongan kini mulai surut.

Dari semula menggenangi 22 Kelurahan kini menjdi 14 kelurahan yang ada di Kota Pekalongan dengn jumlah pengungsi yang masih bertahan 1.889 orang.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan