Bandar Antariksa Dibangun di Biak, Ini Catatan dari Pemda

Pemerintah melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) terus menggodok pembangunan Bandara Antariksa di Biak, Numfor, Papua. Rencana tersebut kembali dibahas dalam pertemuan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Numfor, Lapan, dan DPRD daerah setempat.

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap menyambut baik rencana pembangunan mega proyek tersebut. Herry menyebut, segenap jajaran pemda dan tokoh masyarakat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Lapan karena Biak telah dipilih sebagai lokasi dibangunnya Bandar Antariksa dibanding kandidat lainnya.

Pemilihan lokasi dinilai tidak terlepas dari kajian dan analisis untuk menentukan tempat terbaik untuk dijadikan lokasi bandar antariksa.

"Kehadiran kami di kantor Lapan Pusat dalam rangka melakukan pertemuan dengan Kepala Lapan beserta seluruh jajaran, pada prinsipnya kami Pemda dan DPRD Numfor dan masyarakat adat menyampaikan dukungan kami kepada pemerintah pusat dan Lapan untuk pembangunan bandar antariksa di kabupaten Numfor," ujar Herry di kantor Lapan, Jumat (12/3/2021).

Meski begitu, Pemda Numfor mencatat ada sejumlah poin penting yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan pemerintah pusat. Poin tersebut diantaranya:

Pertama, pemberian dukungan dan komitmen dalam pembangunan bandar antariksa. Kedua Pemda akan berdiskusi tentang apa yang menjadi tanggung jawab Pemerintah pusat, Pemda Numfor, dan calon investor.

Ketiga, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak positif dan negatif dari pembangunan bandara antariksa.

Keempat, pemenuhan hak masyarakat atau keberpihakan pemerintah kepada masyarakat, secara khusus memberikan tempat yang layak bagi warga Numfor.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan