Jokowi: Ngomong Benci Produk Asing Saja Ramai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sah-sah saja untuk tidak suka dengan produk asing atau buatan luar negeri. Menurutnya, ini saatnya masyarakat Indonesia untuk cinta dan bangga dengan produk-produk lokal.

"Boleh saja tidak suka sama produk asing, masa tidak boleh tidak suka, kan boleh saja tidak suka pada produk asing. Gitu saja ramai. Saya ngomong benci produk asing saja ramai, boleh kan tidak suka dengan produk asing," ungkap Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional Hipmi 2021, Jumat (5/3).

Jokowi menuturkan jangan sampai Indonesia menguntungkan produk luar negeri saja. Seharusnya, konsumsi terhadap produk dalam negeri yang ditingkatkan dan digaungkan.

"Jadi tercipta efek domino. Dorongan untuk menggerakkan roda ekonomi di dalam negeri semakin besar," ujar Jokowi.

Kendati begitu, ada beberapa syarat yang harus dilakukan agar produk lokal bisa dicintai oleh masyarakat. Salah satunya adalah harga kompetitif.

"Lalu kualitas, ini dari sisi produsen harus terus memperbaiki kualitasnya, perbaiki pengemasannya agar bisa mengikuti tren," terang Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk membenci produk luar negeri. Ia meminta masyarakat untuk mencintai produk lokal.

"Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk luar negeri," terang Jokowi.

Jokowi berharap masyarakat bisa menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk dalam negeri. Dengan begitu, penjualan dari produsen lokal bisa meningkat ke depannya. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan