Kasih Modal Kerja ke Nelayan, Jokowi: Jangan Dibelikan Handphone

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan nelayan di Dermaga Huseka’a Hitu, Kabupaten Maluku Tengah dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku.

Sebanyak 16 nelayan yang mewakili para nelayan di Kabupaten Maluku Tengah hadir dalam kesempatan tersebut dan mengutarakan pendapat serta kebutuhan mereka.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menjanjikan akan membelikan rumpon kepada para nelayan.

Pemberian bantuan ini bermula dari curhat salah seorang nelayan yang masih membutuhkan terkait alat tangkap ikan. Pasalnya meskipun pandemi, aktivitas melaut masih relatif dapat terus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Masyarakat (nelayan) di sini lagi kekurangan dalam hal alat penangkapan, rumpon masih kurang," ujar salah seorang yang berdialog dengan Jokowi, Kamis (25/3/2021).

Rumpon merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang ditempatkan di tengah laut, baik dangkal maupun dalam. Nantinya, ikan-ikan akan berkumpul di sekitar rumpon tersebut sehingga memudahkan nelayan setempat untuk menangkapnya. Dalam pengoperasiannya, satu rumpon tersebut dapat dimanfaatkan secara bersama-sama oleh sejumlah nelayan.

Setelah berdialog Jokowi memastikan akan membelikan alat rumpon tersebut.

“Saya titip yang mau dibeli rumpon tadi. Segera besok dibeli. Nanti kapal pedagang juga. Saya nanti cek sudah dibelikan belum,” kata Jokowi.

Tidak hanya itu Jokowi juga memberikan bingkisan kepada para nelayan. Dia mengatakan bahwa bantuannya dapat dijadikan tambahan modal usaha. Bahkan dia memperingatkan agar bantuan tersebut tidak untuk dibelikan handphone atau telepon genggam.

“Ini nelayan silahkan diambil. Ini pedagangnya 4 orang ambil. Untuk tambah dagangan. Modal. Jangan dibelikan handphone. Awas nanti kalau ada yang beli handphone dari sini. Saya ikuti,” pungkasnya.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan