KEK Pariwisata Lido Bisa Menyerap Ribuan Tenaga Kerja

Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Pariwisata di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Bogor diyakini dapat mendorong percepatan roda perekonomian, utamanya di Jawa Barat. Sebab, KEK pariwisata bakal menyerap ribuan tenaga kerja.

"Khususnya di Kabupaten Sukabumi, dengan adanya pembangunan KEK Pariwisata bisa mengoptimalkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Dengan memanfaatkan SDA tersebut, tentu bisa menyerap ribuan tenaga kerja," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, dikutip dari Antara, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, pembangunan KEK pariwisata yang dilakukan pemerintah pusat dengan menggandeng MNC Land, tahap awal dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bogor. Kemudian pengembangannya dilanjutkan di Kabupaten Sukabumi.

Seusai rencana, ujarnya, di Kabupaten Sukabumi lahan yang digunakan untuk pembangunan kawasan pariwisata ini mencapai 2.000 hektare.

Tentu, program tersebut sangat menguntungkan bagi semua pihak, terutama meningkatkan perekonomian masyarakat baik melalui penyerapan tenaga kerja, meningkatnya investasi dan lain sebagainya.

Marwan Hamami mengemukakan, perkembangan investasi ini akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja. Sebab, mulai dari pembangunan hingga nanti KEK pariwisata MNC Lido City ini beroperasi, membutuhkan banyak SDM.

"Program pembangunan ini tentu harus didukung semua pihak karena sangat menguntungkan dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Sukabumi apalagi sesuai dengan misi Pemkab Sukabumi yakni meningkatkan dunia ekonomi berbasis pariwisata dan pertanian," ujarnya.

Bupati Sukabumi menuturkan KEK pariwisata ini dikoneksikan dengan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, sehingga berdampak kepada pengembangan insfrastruktur Kabupaten Sukabumi, khususnya KEK Cikidang yang saat ini tengah dalam pelaksanaan.

Di sisi lain, Bupati juga sangat optimistis Kabupaten Sukabumi akan menjadi daerah termaju dalam dunia pariwisata ke depannya.

Apalagi didukung oleh sarana transportasi yang lengkap mulai dari jalan Tol Bogoro-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor, hingga pembangunan Bandara Sukabumi.

"Perhatian pemerintah pusat sangat besar kepada Kabupaten Sukabumi. Apalagi akan dibangun jalan tol yang menghubungkan wilayah Kecamatan Cibadak (Sukabumi Utara)-Kecamatan Palabuhanratu (Sukabumi Selatan)," tutur Bupati Sukabumi.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan