Ma'ruf Amin Masuk Survei Capres, Elektabilitasnya Beda Tipis dengan Mahfud MD

Dalam survei capres 2024 yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 22 Februari 2021, muncul nama Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin . Elektabilitas Ma'ruf Amin beda tipis dengan Mahfud MD .

Dalam survei tersebut, nama Ma'ruf Amin masuk dalam Top of Mind responden. Saat diajukan pertanyaan "Bila pemilihan Presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih?", sebanyak 0,3 persen responden menyebut nama Ma'ruf Amin . Mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini ada di urutan 16.

Elektabilitas Ma'ruf Amin di atas Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri yang meraih 0,1 persen. Namun, jika dibandingkan dengan Menko Polhukam Mahfud MD, Ma'ruf Amin kalah tipis. Mahfud yang sempat disebut-sebut sebagai cawapres Jokowi pada Pilpres 2019, meraih 0,4 persen.

Sementara, dalam Simulasi Semi Terbuka, Ma'ruf Amin ada di urutan 13 dengan meraih dukungan 1,1 persen responden. Di kategori ini, Ma'ruf Amin unggul atas sejumlah tokoh penting lainnya antara lain Menko Polhukam Mahfud MD (0,9 persen) dan Ketua DPR RI Puan Maharani (0,1 persen). Untuk diketahui, pada kategori ini ditunjukkan 29 nama dan responden boleh menyebutkan nama lain.

Survei yang dilakukan LSI menggunakan metode wawancara tatap muka sejak 25-31 Januari 2021. Adapun responden yang disurvei sebanyak 1.200 orang dengan margin of error dari ukuran sample tersebut sebesar sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Kemudian populasi survei seluruh warga Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat disurvei.[sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan