Mendag Lutfi: Saya Jamin Tak Ada Impor Beras Saat Panen Raya

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan, tidak ada impor beras pada masa panen raya. Ia menekankan, rencana impor 1 juta ton beras bukan untuk menghancurkan harga beras petani.

"Saya jamin tidak ada impor saat panen raya. Dan hari ini tidak ada beras impor yang menghancurkan harga petani, karena memang belum ada yang di impor," ungkap Lutfi dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/3/2021).

Dia menyebutkan, pemerintah tidak pernah menyatakan produksi beras dalam negeri kurang atau berlebih. Melainkan, selalu menekankan bahwa Bulog harus memiliki stok cadangan atau iron stock sebanyak 1 juta-1,5 juta ton.

Besaran angka stok itu merupakan prinsip dasar pemerintah sejak lama yang akan digunakan pada saat terjadi gejolak harga beras. Ia bilang, pengadaan beras oleh Bulog bisa berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Lutfi mengatakan, berdasarkan proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS) memang produksi beras dalam negeri tahun ini akan baik seperti tahun lalu. Namun, hal itu tentu masih bersifat ramalan dan pemerintah perlu mengantisipasinya.

Tetapi bila pada akhirnya pengadaan beras dalam negeri bisa memenuhi syarat stok beras Bulog, maka importasi beras tidak perlu dilakukan.

"Nah kita lihat di panen tersebut. Kalau memang baik, tentu Bulog akan mengisi stoknya dari pengadaan dalam negeri. Tetapi angkanya jelas, Bulog harus mempunyai 1 juta-1,5 juta ton," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada dasarnya Bulog memiliki ketentuan dalam menyerap beras petani. Salah satunya kadar air pada beras tersebut paling tinggi 25 persen, berdasarkan Permendag Nomor 24 Tahun 2020.

Oleh sebab itu, hanya beras dengan memenuhi syarat yang bisa diserap oleh Bulog. Sementara, pada saat dengan curah hujan yang tinggi kualitas beras petani rata-rata memiliki kadar air yang tinggi.

"Tapi kalau pengadaan Bulog dalam masa panen ini berjalan baik, saya tidak ada masalah," ucap Lutfi.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan