Menkes BGS: Kasus Covid-19 RI Terus Menurun Secara Drastis!

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pandemi Covid-19 di tanah air kian terkendali. Hal itu tergambar dari kasus konfirmasi positif Covid-19 hingga kesembuhan dari Covid-19.

Demikian disampaikan oleh BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

"Kita amati memang dalam satu bulan dua bulan terakhir ini mulai terjadi penurunan yang cukup drastis dari sisi confirmed case yang ada di Indonesia. Ini juga didukung adanya penurunan dari rata-rata kematian dan juga penurunan bed occupancy rate," ujar BGS.

"Angka ini konsisten juga dengan angka yang terjadi di dunia. Jadi di seluruh dunia memang juga terjadi penurunan yang cukup tajam," lanjutnya.

Menurut BGS, ada empat strategi utama dalam penanganan Covid-19 di tanah air. Keempat strategi itu disepakati dalam Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) per Februari lalu. Keempat strategi itu adalah penguatan sistem kesehatan publik, strategi 3T, teurapetik, dan vaksinasi Covid-19.

"Keempat strategi ini yang kita jalankan sejak bulan Februari kemarin untuk mengatasi pandemi ini dengan tujuan mengurangi laju penularan," kata BGS.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, kasus aktif Covid-19 per hari ini sebesar 9,72%. Angka itu lebih rendah dibandingkan rata-rata global adalah 17,34%.

"Kemudian angka kematian memang kita masih di atas angka kematian global selisihnya sekitar 0,49%. Angka kesembuhan mengalami peningkatan signifikan 87,58%," ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. [cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan