Menko Luhut Ingin Candi Borobudur Jadi Laboratorium Konservasi Cagar Budaya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Universitas atau Perguruan Tinggi di sekitar kawasan Candi Borobudur untuk dilibatkan dalam studi terkait candi. Hal ini dilakukan, agar bisa timbul rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikannya hingga generasi mendatang.

"Semua sudah sepakat, untuk sama-sama bekerja menyiapkan pembangunan kawasan Candi Borobudur dan akan juga disiapkan dana setiap tahun. Sehingga Candi Borobudur dapat menjadi laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf Internasional," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/3/2021).

Sementara itu, kata dia, penataan kawasan Candi serta kawasan homestay beserta listrik menjadi aspek amenitas yang akan menjadi fokus dalam peningkatan kualitas pariwisata di Candi Borobudur.

Kemudian, kata dia, akan ada peningkatan paket wisata dan event yang menjadi daya tarik atraksi.

"Untuk meningkatkan nilai kualitas wisata, kita juga perlu siapkan masyarakat dengan memberi pelatihan dalam bidang pariwisata, sehingga kita juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru," tandas dia.

Sebelumnya Luhut menyebut permasalahan utama yang terjadi saat ini adalah adanya tekanan yang besar terhadap struktur Candi Borobudur akibat peningkatan jumlah pengunjung.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan