Pesan Presiden Jokowi dalam Dies Natalis Ke-45 UNS

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) berharap Universitas Sebelas Maret ( UNS) Solo, Jawa Tengah, terus memberikan kontribusi terhadap kemajuan Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutan dan arahan peringatan Dies Natalis ke-45 UNS yang digelar secara daring di Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/3/2021).

"Semoga UNS terus memberikan kontribusi besar menghasilkan lulusan yang mumpuni, yang kompeten, dan unggul untuk kepentingan kemanusiaan dan kemajuan bangsa," kata Jokowi.

Dia mengatakan, dalam dunia yang cepat berubah, kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci untuk memenangi kompetisi.

"Kita tidak boleh terjebak dengan cara yang biasa-biasa saja. Kita tidak boleh disandera oleh rutinitas yang biasa-biasa saja. Cara-cara baru harus dikembangkan," ungkap dia.

Dikatakan Jokowi, pandemi Covid-19 telah mengajarkan kepada semua untuk mendobrak cara lama yang dulunya dianggap tabu.

Justru, katanya, cara lama ini sekarang menjadi cara hidup baru. Digitalisasi yang dahulunya sulit dikenalkan, kini semua harus menggunakannya.

"Semua institusi, semua harus melakukannya. Ukuran kinerja harus diubah. Cara-cara penganggaran harus diubah, program-program cara kerja baru harus diperkenalkan," terangnya.

Dia menambahkan, bagi para pelaku start up, cara-cara baru itu sudah menjadi landasan kerja mereka sejak awal.

"Tetapi, bagi institusi yang sudah berusia 45 tahun, saya tahu sering kali tidak mudah untuk memperkenalkan cara-cara baru. Tidak mudah melakukan disrupsi terhadap diri sendiri. Padahal, jika tidak berani disrupsi, diri kita akan didisrupsi oleh zaman yang berubah cepat," kata dia.

"Di hari ulang tahun ke-45 ini, saya yakin UNS sedang mengukuhkan komitmen untuk melakukan perubahan besar. Untuk mengembangkan iptek yang sesuai tuntutan zaman, untuk melahirkan lulusan yang dibutuhkan masa depan," sambungnya.

Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan, tahun ini UNS merayakan ulang tahun pertama sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Status PTNBH UNS ini ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 6 Oktober 2020.

"Kami akan bekerja keras untuk membuktikan kepercayaan Bapak Presiden bahwa kami akan menjadi UNS sebagai perguruan tinggi berkelas dunia," ungkap Jamal.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan