Presiden Jokowi: Pasar Tenaga Kerja Alami Perubahan Drastis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengatakan bahwa pasar tenaga kerja saat ini telah mengalami begitu banyak perubahan. Di mana saat ini banyak jenis pekerjaan yang hilang. Kondisi ini menurutnya harus diatasi dengan melakukan perubahan-perubahan di perguruan tinggi.

“Pasar tenaga kerja mengalami perubahan yang sangat drastis. Banyak jenis pekerjaan lama yang hilang, yang tidak dibutuhkan lagi. Tentu saja hal ini membutuhkan perubahan program studi. Dibutuhkan perubahan kurikulum dan dibutuhkan perubahan karakter dosen,” katanya dalam Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (12/3/2021).

Jokowi menuturkan bahwa revolusi Industri jilid keempat telah mengubah banyak hal. Di mana ilmu pengetahuan dan teknologi lama telah menjadi usang.

“Teori manajemen, organisasi dan model bisnis juga banyak berubah. Pola komunikasi dan perilaku masyarakat juga banyak berubah. Tentu saja agenda riset pun harus banyak melakukan perubahan-perubahan,” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini menjadi tantangan bagi perguruan tinggi, termasuk UNS. Dia mengatakan bahwa UNS di usianya yang ke-45 ditantang untuk berubah.

“Pengalaman panjang Universitas Sebelas Maret selama 45 tahun saat ini sedang ditantang untuk berubah. Selamat berkreasi dan berinovasi dalam menghasilkan IPTEK dan mencetak talenta-talenta untuk menjawab tantangan kemanusian dan kemajuan bansga demi Indonesia maju yang kita cita-citakan,” pungkasnya.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan