Risma: Ibu Rumah Tangga dan Anak Paling Terdampak Pandemi Covid-19

Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengaku memberikan perhatian penting terhadap kelompok rentan selama pandemi Covid-19. Disebutkan Risma, kelompok masyarakat yang paling terdampak pandemi Covid-19 adalah ibu rumah tangga dan anak-anak. 

Menurut Risma, selama pagebluk ini, ibu rumah tangga telah melakukan peran ganda, selain sebagai ibu, juga berperan sebagai teman dan juga guru bagi anak-anak. Hal ini lantaran anak-anak harus belajar di rumah.

“Kaum perempuan termasuk dalam hal ini ibu rumah tangga, berperan lebih banyak terdampak. Dalam arti, selain sebagai ibu rumah tangga, mereka juga harus menjadi guru karena anak-anak belajar di rumah. Yang tak kalah penting, ibu juga menjadi teman bermain anak-anak karena sekolah sebagai tempat bertemu dan bermain dengan teman-teman, kini harus dibatasi,” kata Risma dalam keterangan tulis di Jakarta pada Selasa (23/3/2021).

Ia memahami peran berat ibu mendampingi anak selama pandemi. Karena di samping dituntut untuk mewadahi belajar anak, seorang ibu juga membentuk karakter anak layaknya mereka tengah bermain dengan teman sebayanya.

Ciptakan Suasana Gembira

Risma sendiri mengapresiasi peran luar biasa seorang ibu, terutama saat mendampingi anak-anak di rumah selama pandemi. 

“Mohon suasana aktif, atraktif, dan gembira tetap bisa dihadirkan di rumah. Intinya meskipun belajar dan beraktivitas di rumah, ciptakan suasana sedemikian rupa yang tidak mengubah karakter anak,” katanya.

Ia memahami tugas berat itu. Karena seorang ibu harus mengambil peran ganda. Ibu harus mampu menciptakan suasana yang biasa ditemui seorang anak di luar, kini hadir di rumah.

“Ya mengambil peran sebagai teman-teman sebaya kan tidak mudah. Bagaimana suasana rumah tidak membosankan,” pungkasnya. [liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan