Sebulan Dipimpin Gibran, Solo Dibanjiri Kedatangan Menteri

Kota Solo, Jawa Tengah, kedatangan banyak tokoh nasional, terutama para menteri yang melakukan kunjungan kerja, dalam sebulan terakhir. Kehadiran mereka ke Solo terjadi sejak Gibran Rakabuming Raka dilantik jadi wali kota Solo pada 26 Februari lalu.

Kunjungan kerja pertama dibuka oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Budi mengunjungi Stasiun Tirtonadi yang hendak dibangun menjadi area kegiatan publik di lantai dua.

Usai mengunjungi Terminal Tironadi, Budi juga meninjau simpang Joglo untuk mengakomodasi usulan Gibran agar perlintasan kereta sebidang jalan itu diubah menjadi rel layang atau elevated rail.

Beberapa pekan kemudian, Budi kembali mengunjungi Solo untuk meninjau pembangunan jalur kereta rel listrik (KRL) Solo-Yogyakarta.

Sepekan setelah kunjungan pertama Budi, Gibran menerima kunjungan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri BUMN, Erick Thohir. Mereka berdua menghadiri seremoni peletakan batu pertama replika Masjid Sheikh Zayed di Gilingan. Tak berapa lama, giliran Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah yang melakukan kunjungan kerja menyambangi Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Solo.

Kunjungan empat menteri tersebut terjadi di dua pekan pertama Gibran menjabat Wali Kota Solo. Setelah itu, kunjungan menteri sempat terhenti.

Terakhir, kunjungan dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada 27 Maret. Basuki meninjau beberapa lokasi seperti Taman Balekambang, Ngarsopuro, dan Pasar Legi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani mengakui kunjungan menteri ke Kota Solo memang lebih banyak dibanding sebelum Gibran dilantik. Ahyani menilai positif banyaknya kunjungan pejabat pembantu presiden tersebut.

"Ya bagus lah. Kan program-program nasional yang dikerjakan di Solo bisa dibicarakan lebih intens lagi," katanya.

Selain kunjungan secara fisik, Ahyani mengatakan tak sedikit pula menteri yang berkoordinasi secara virtual. Khususnya menteri-menteri yang berkaitan dengan penanganan dan vaksinasi covid-19.

"Yang daring juga ada. Rakor-rakor (rapat koordinasi) kan banyak yang pakai video conference," katanya.

Selain Menteri, Solo juga kedatangan sejumlah pejabat dan tokoh nasional, termasuk Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Listyo yang pernah menjadi Kapolresta di wilayah itu datang untuk meninjau vaksinasi tenaga pengajar dan tokoh agama di Balai Kota Solo.

Tak hanya itu, Gibran juga kedatangan tamu yakni petinggi sejumlah partai seperti Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Gibran sendiri menyambut baik kedatangan deretan tokoh nasional tersebut.

"Malah bagus to. Biar kotanya ramai, hotel-hotel juga ramai," jawab putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu singkat.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan