Setneg Akan Setop Kontrak Lapangan Golf di Kemayoran, Jadi Taman Kota

Menteri Sekretaris Negara Pratikno tak akan memperpanjang kontrak lapangan Golf di Kemayoran. Dia akan menjadikan lapangan golf di Kemayoran itu menjadi taman kota.

Hal ini disampaikan Pratikno dalam kegiatan menanam pohon di area hutan kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/3/2021). Pratikno mulanya berbicara soal lokasi di GBK yang pernah jadi driving range.

"Beberapa tahun yang lalu bapak ibu ingat kawasan seluas 4,5 hektare ini dulu adalah driving range yang dipagari, isinya ladang rumput dan bangunan terus kemudian masyarakat luas tidak bisa masuk ke sini. Ketika kontraknya selesai kami putuskan untuk tidak diperpanjang," kata Pratikno.

Pratikno menyebut ketika kontrak driving range di GBK habis, banyak pihak yang mau berinvestasi. Menurutnya, kawasan ini adalah the last piece of land di Sudirman.

Pratikno memutuskan, sesuai arahan Presiden, harus ada sesuatu yang langka bagi warga Jakarta berupa public space. Akhirnya, dibangunlah taman kota.

Selanjutnya, Pratikno berbicara soal lapangan golf di Kemayoran seluas 18 hektare. Kontrak lapangan golf itu habis dan Setneg memutuskan tidak akan memperpanjangnya.

"Demikian juga halnya dengan Kemayoran. Kemayoran itu ada lapangan golf seluas 18 hektare. Sekali lagi lapangan golf, tentu saja eksklusif, tidak bisa masyarakat masuk, 18 hektare persis di jalan utama itu kontraknya habis dan kita putuskan untuk tidak diperpanjang," sebut Pratikno.

"Sekali lagi, ke mana arahnya, ke mana, kita akan untuk buat itu menjadi taman kota terbuka untuk publik. Jadi kita sedang menyiapkan, sekarang kami sedang, begitu kontrak selesai kami sedang membenahi untuk pembenahan danau karena di sana banyak danau. Hari ini ada tim yang ke lapangan untuk penanaman mangrove karena itu ada rawa asin ada rawa tawar, seluas 18 hektare itu kita akan menyediakan arena untuk Pak Laoly (Menkum HAM Yasonna Laoly yang hadir di lokasi acara), cycling track di sana," sebut Pratikno.

Selain cycling track, akan tersedia juga padang rumput, vegetasi, hingga air bersih di lapangan golf di Kemayoran yang akan dijadikan taman kota itu. Hal tersebut dilakukan untuk menyediakan ruang publik bagi masyarakat.

"Tentu saja kami akan tanami vegetasi juga, air akan kami buat lebih bersih. Sekali lagi itulah yang langkah ke depan dan kewajiban negara menyediakan yang baik dan semakin langkah untuk rakyat kita," ungkapnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan