Banjir Bandang Terjang NTT, Listrik hingga BBM Terdampak

Banjir bandang menerjang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Minggu (4/4) kemarin. Tidak hanya memakan korban jiwa, kejadian itu juga memberikan dampak kerusakan terhadap penunjang kebutuhan umum seperti listrik dan BBM.

Pertama dari listrik. General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko mengatakan sejumlah tiang listrik rusak akibat banjir bandang di NTT. Akibatnya, listrik tidak bisa disalurkan hingga terjadi pemadaman.

"Kalau untuk yang instalasi misalnya tiang listriknya roboh, kabelnya putus karena tertimpa atap seng bangunan itu padam, ini yang sedang dipulihkan kembali. Jadi padamnya itu karena instalasi tiang, kabel, itu tertimpa pohon, tertimpa atap seng rumah, ada yang kena kanopi," katanya kepada detikcom, Minggu (4/4/2021).

Berdasarkan data PLN, berikut daftar Kabupaten/Kota yang terjadi pemadaman listrik imbas banjir bandang di NTT per Minggu malam:

1. Kabupaten Sumba Timur
Desa Kampung Raja, Kambaniru, Mauliru, Palindi, Kawangu, Harau, Watumbaka, Laipori, Kadumbul, Patawang, Melolo, Rende, Kamalawatar, Mangili, Waijelu, Aibara, Lambanapu, Malumbi, Kiritana, Prailiu, Kambaniru.

2. Kabupaten Flores Timur
Kecamatan Ileboleng, Kecamatan Kelubagolit, Kecamatan Wotanulumado, Kecamatan Adonara Barat, Kecamatan Adonara Tengah, Kecamatan Adonara.

3. Kabupaten Malaka
Kecamatan Besikama, Kecamatan Biudukfoho.

4. Kabupaten Kupang

5. Kota Kupang

Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Deden Idhani mengatakan ada empat mobil tangki yang terdampak banjir bandang di NTT.

"4 unit (mobil tangki yang terdampak)," kata Deden kepada detikcom.

Terkait penyaluran BBM, kata Deden, secara umum masih lancar dan sedang ditangani. Mengingat adanya mobil tangki yang rusak, pihaknya akan mencari pengganti agar tidak mengganggu penyaluran BBM.

"Masih aman penyaluran, sedang dicari mobil tangki pengganti. Lembaga penyalurnya akan mencari unit pengganti," tuturnya.

Dampak mobil tangki Pertamina yang rusak imbas banjir bandang di NTT diketahui dari foto yang beredar di media sosial. Terlihat, satu mobil tangki bertuliskan 'Pertamina' terjebak di tengah lokasi banjir bandang yang sudah surut.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan