Ganjar Vs Anies di Survei Capres Terkini

Persaingan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi sorotan usai Ganjar mau mencolek Anies soal diskotek di DKI. Dua nama ini kerap muncul di survei Capres 2024. Siapa lebih unggul?

Aroma persaingan antara Ganjar dan Anies menuju 2024 disebut terlihat dari kala Ganjar mau mencolek Anies usai ditanyai soal diskotek dalam sebuah diskusi. Colekan itu sendiri bermula dari tanya-jawab dengan warga bernama Tika di IG Live Stafsus Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. Siaran langsung di medsos itu dilakukan bersama Ganjar.

Tika, dalam live IG itu, bertanya langsung. Dia membandingkan diskotek yang boleh buka, padahal ada larangan mudik. Dalam pertanyaannya, dia menyebut diskotek yang buka itu ada di DKI. Fadjroel sempat menjelaskan kalau diskotek di DKI adalah kewenangan Gubenur DKI. Ganjar kemudian menyebut akan mencolek Anies.

"Nanti teman saya, namanya Pak Anies, nanti tak (saya) suruh biar beresin," ujar Ganjar.

Ganjar kemudian mencontohkan diskotek yang melanggar aturan dan langsung ditutup. Di akhir jawabannya, Ganjar membuat guyon perlu-tidaknya tim Pemprov Jawa Tengah ke Jakarta buat menutup kegiatan hiburan malam.

"Contoh Mbak sudah di Semarang kan sekarang. Diskotek joget-joget itu yang di dalam tahu lo ngerekam, ngerekam terus kemudian nggak pakai masker, jingkrak-jingkrak gitu. Langsung dikirim ke saya ada di DM, ke IG saya, ke Facebook saya. Langsung saya bilang, Satpol PP datengin hari ini, tutup besok pagi. Langsung saya tutup, nggak ada peduli. Jadi gitu, kasih aja ke saya, atau gini... saya kirim tim dari Jawa Tengah untuk tutup yang di Jakarta, eh nggak boleh ya," ujar Ganjar seraya tertawa.

Colekan Ganjar ke Anies ini kemudian dinilai sebagai manuver politik menuju Pilpres 2024. Apalagi, Anies dan Ganjar sama-sama masuk bursa capres 2024.

"Karena mereka berdua calon presiden maka tindak tanduknya itu wajar kalau kemudian kita mengarah atau mengartikannya sebagai manuver calon Presiden," kata pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, kepada wartawan, Minggu (18/4/2021).

Dia menduga ucapan Ganjar ini juga bisa dimaknai rencana Ganjar maju di Pilgub DKI. Meski demikian, dia menilai persaingan Ganjar dan Anies masih sehat karena beradu program.

Dua nama gubernur tersebut selalu masuk survei capres 2024. Berikut elektabilitas keduanya versi empat survei capres terkini:

Charta Politika Indonesia
Periode survei: 20-24 Maret 2021
Responden: 1.200 responden
Margin of error: kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Hasil:
- Ganjar Pranowo 16,0 persen
- Anies Baswedan 12,6 persen

Lembaga Survei SMRC
Periode survei: 28 Februari-8 Maret 2021
Responden: 1.064 responden
Margin of error: kurang lebih 3,07 persen
Hasil:
- Ganjar Pranowo 6,1 persen
- Anies Baswedan 5,4 persen

Indonesia Political Opinion (IPO)
Periode: 10-22 Maret 2021 berlanjut sampai 4 April 2021 untuk analisis
Responden: 1.200 responden
Margin of error: kurang lebih 2,50 persen dengan tingkat akurasi data 97 persen
Hasil:
- Anies Baswedan 15,8 persen
- Ganjar Pranowo 12,6 persen

Lembaga Survei KedaiKOPI
Periode survei: 29 Maret-4 April 2021
Responden: 1.260 responden
Hasil:
- Ganjar Pranowo 16,0 persen
- Anies Baswedan 12,5 persen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan