Jalan Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Ekonomi Terbesar Dunia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkapkan bahwa pemerintah telah meluncurkan peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai inisiatif perkembangan industri memasuki otomasi dan digitalisasi. Dengan target menjadikan Indonesia sebagai 10 negara terbesar ekonomi di dunia pada tahun 2030 .

"Sasarannya menjadikan Indonesia jadi 10 besar negara terbesar di dunia," kata Agus d dalam diskusi FMB9 secara virtual, Senin (5/4/2021).

Untuk mencapai hal itu, ada 3 aspirasi utama yang harus diterapkan. Pertama, 10% kontribusi ekspor dan impor terhadap PDB. Kedua, Peningkatan biaya dua kali lipat.

"Ketiga pengeluaran riset dan pengembangan minimal 2% dari PDB." ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga telah memfokuskan 7 sektor prioritas dalam pengembangan sektor industri. Ketujuh sektor tersebut adalah industri makanan dan minuman, industri tekstil dan busana, industri otomotif, industri kimia, industri elektronik, industri farmasi dan industri alat kesehatan.

"ketujuh sektor industri ini dipilih karena sudah menyumbang kontribusi sebesar 70% dari total PDB manufaktur. Dan juga 65% ekspor manufaktur. Dan 60% penyerapan tenaga kerja industri." paparnya.

Untuk itu, demi mewujudkan Indonesia masuk dalam 10 besar negara besar di dunia, maka Pemerintah menetapkan 10 peta jalan Indonesia Making 4.0. Antara lain, memperbaiki alur aliran material, mendesain ulang zonasi industri, mereduksi standar keberlanjutan.

Lalu memberdayakan UMKM, membangun infrastruktur nasional, menarik investasi asing. Selanjutnya meningkatkan kualitas SDM industri, pembentukan ekosistem inovasi, menerapkan insentif inovasi dan melakukan harmonisasi regulasi dan kebijakan.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan