Jokowi Perintahkan Segera Lakukan Langkah Darurat Usai Gempa Malang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mendapatkan laporan mengenai gempa yang terjadi di Malang, Jawa Timur (Jatim). Jokowi memerintahkan langkah-langkah darurat segera dilakukan.

"Saya telah memerintahkan kepada kepala BNPB, kepada kepala Basarnas, kepada menteri sosial, kepada menteri kesehatan dan juga menteri PUPR serta panglima TNI, Kapolri beserta seluruh jajaran aparat lainnya juga pemprov, pemerintah kota dan kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan melakukan segera melakukan perawatan pada korban yang luka-luka dan juga penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut," kata Jokowi dalam pernyataan pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (11/4/2021).

Jokowi menyampaikan dukacita mendalam atas jatuhnya para korban. Selain itu, Jokowi juga mengingatkan pemerintah daerah untuk terus mengimbau warga mengenai kewaspadaan terhadap bencana.

"Saya mengingatkan kepada gubernur bupati, wali kota untuk terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana," ujar Jokowi.

BPBD sebelumnya melaporkan 43 orang terkena dampak gempa Malang. Jumlah itu terdiri dari korban luka ringan, sedang, berat hingga meninggal dunia.

Gempa susulan juga terjadi di Malang pada Minggu pagi ini. Gempa susulan ini terjadi 10 kali, setelah sebelumnya gempa M 6,1.

Gempa tak hanya terasa di Malang, melainkan hingga di beberapa daerah di Jatim. BPBD Jatim mengatakan daerah yang paling terdampak hingga pagi ini di Lumajang, Malang, Kabupaten Blitar, Tulungagung dan Kota Blitar. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan