Jubir Jokowi Jawab Isu Mendikbud Nadiem Makarim Kena Reshuffle

Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman, menjawab seputar isu reshuffle menteri kabinet Indonesia Maju. Dia juga menjawab tentang isu Mendikbud Nadiem Makarim direshuffle.

Hal itu disampaikan Fadjroel lewat siaran langsung di Instagram pribadinya pada Jumat (16/4). Fadjroel awalnya ditanya seorang warganet tentang isu reshuffle.

Awalnya Fadjroel memaparkan siapapun menteri yang dipilih Jokowi pada periode pertama dia menjabat hingga saat ini selalu putra putri terbaik Indonesia. Dia juga mengatakan seluruh warga Indonesia bisa menjadi menteri Jokowi.

"Kedua, ini kan saya staf khusus presiden bidang komunikasi, nah sebagai staf khusus tentu tidak boleh mendahului Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan siapa, dan kapan akan ada perombakan kabinet Indonesia Maju, tetapi yang kita tahu, Presiden sudah disetujui oleh DPR untuk melakukan pembentukan kementerian baru, namanya Kementerian Investasi, kemudian juga disetujui oleh DPR melakukan pengubahan kementerian, dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan ditambah Riset dan Teknologi, sementara Kemenristek dan BRIN akan dihilangkan, dan Badan Riset Inovasi Nasional akan jadi badan sendiri," jelas Fadjroel dalam video seperti dilihat, Sabtu (17/4/2021).

Fadjroel mengaku tidak tahu siapa sosok yang akan ditunjuk Jokowi memimpin Kementerian Investasi. Kemudian, Fadjroel juga bicara terkait isu Mendikbud Nadiem Makarim.

"Kita tidak tahu kapan Presiden akan mengisi kedua kementerian ini, yang satu pembentukan baru Kementerian Investasi, yang kedua istilahnya pengubahan apakah tetap Pak Nadiem atau ada yang lain, yang tahu hanya Presiden Joko Widodo dan Allah SWT," ujar Fadjroel.

Diketahui, isu Jokowi akan me-reshuffle menteri sudah terdengar beberapa hari lalu. Salah satu yang membenarkan kabar itu adalah lite PKB, Luqman Hakim, menyebut memberikan informasi inisial anggota kabinet yang akan di-reshuffle Presiden Jokowi.

"Presiden Jokowi akan me-reshuffle anggota kabinet yang dengan inisial huruf M," kata Lukman kepada detikcom, Kamis (15/4).

Sebelumnya, ada pula bocoran lain terkait reshuffle kabinet. Dua menteri di Kabinet Indonesia Maju disebut-sebut sudah dikaji lama untuk di-reshuffle.

Kabar dua menteri yang sudah lama dikaji untuk reshuffle itu disampaikan Ketua DPP PKB Faisol Riza. Faisol menyebut bakal ada dua lagi pos kementerian yang terkena reshuffle. Dua kementerian yang sedang dikaji untuk di-reshuffle itu di luar Kemendikbud dan Kementerian Investasi.

"Di luar Investasi dan Kemendikbudristek," ata Faisol Riza kepada detikcom, Rabu (14/4). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan