Kronologi Ditemukannya KRI Nanggala-402 di Perairan Bali

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan kronologi ditemukannya KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali, Rabu dini hari. Bangkai kapal selam milik TNI Angkatan Laut itu ditemukan saat dilakukan pemindaian oleh KRI Rigel.

KRI Nanggala-402 ditemukan di laut Bali yang jaraknya 1.500 yard ke selatan dari letak tenggelamnya kapal pertama kali dengan kedalaman 838 meter.

“Malam tadi Satgas SAR telah mengerahkan semua kemampuannya untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala. KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer. Dan telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail,” kata Hadi dalam keterangan persnya, Minggu (25/4/2021).

Atas temuan tersebut, kemudian kapal milik Singapura yakni MV Swift Rescue menurunkan remotely operated underwater vehicle atau ROUV. Ini dilakukan untuk memperkuat citra bawah air secara visual menggunakan kamera.

“Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul bagian kapal yang lain. Termasuk baju keselamatan awak kapal MK-11,” ungkapnya.

Dengan temuan itulah, Panglima TNI menyatakan 53 prajurit Satuan Hiu Kencana awak KRI Nanggala-402 telah gugur dalam tugas.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402, telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujarnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan