Polisi Pastikan Senjata Zakiah Aini Penyerang Mabes Polri Air Gun

Terduga teroris penyerang Mabes Polri, Zakiah Aini, diketahui menodongkan pistol kepada personel pos jaga. Polri memastikan senjata yang digunakan Zakiah adalah jenis air gun.

"Senjatanya jenis air gun," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada detikcom, Kamis (1/4/2021).

Sementara itu Argo menjelaskan lebih detail soal senjata Zakiah Aini dalam keterangan tertulis. "Dari hasil pengamatan gambar senjata yang dipergunakan pelaku jenis pistol air gun BB bullet call 4,5mm," jelas Argo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu (31/3), Zakiah sempat melepaskan 6 kali tembakan ke arah polisi di area pos jaga gerbang depan Mabes Polri. Zakiah akhirnya dilumpuhkan oleh polisi dengan tembakan di bagian dadanya. Zakiah tewas di tempat.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemudian memberi penjelasan soal peristiwa yang terjadi. Dia menyebut Zakiah Aini beraksi sendiri atau lone wolf dan terindikasi berideologi ISIS.

"Dari hasil profiling yang bersangkutan, yang bersangkutan adalah tersangka pelaku lone wolf yang berideologi radikal ISIS," kata Jenderal Sigit kemarin.

Soal lolos Zakiah Aini dari penjagaan petugas meski membawa senjata juga menjadi pertanyaan banyak pihak. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menduga Zakiah menyembunyikan senjata itu di salah satu bagian tubuhnya sehingga luput dari pengawasan petugas.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Golkar, Supriansa, pun menyoroti lolosnya Zakiah yang bersenjata ke dalam area Mabes Polri. Dia meminta agar ada polwan yang ditempatkan di pos jaga untuk melakukan pemeriksaan terhadap tamu perempuan.

"Dengan kejadian itu, petugas penjagaan bisa menempatkan juga polwan di pos jaga agar bisa memeriksa tamu yang sesama perempuan," kata anggota Komisi III DPR RI Fraksi Golkar, Supriansa, kepada wartawan, hari ini.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan