Hardiknas 2021, Kemendikbud-Ristek Gelar Upacara Virtual Besok

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset Teknologi (Kemendikbud-Ristek) akan menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) besok. Upacara akan dilakukan secara virtual.

Hal itu tertuang dalam surat edaran Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. Upacara bendera akan digelar pada 2 Mei 2021 pukul 08.00 WIB.

"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 pada tanggal 2 Mei 2021 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara," tulis Nadiem dalam keterangan tertulis di surat edaran tersebut seperti dilihat, Sabtu (1/5/2021).

Nadiem mengatakan instansi pendidikan di daerah dengan status Corona berzona hijau atau kuning dapat menggelar upacara tatap muka. Sedangkan di wilayah zona merah atau oranye diimbau untuk menggelar upacara virtual.

"Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan minimalis dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana terlampir," ujar Nadiem.

"Untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam wilayah zona oranye dan merah, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing," lanjutnya.

Tema peringatan hardiknas tahun 2021 ini adalah 'Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar'. Nadiem mengimbau ragam aktivitas yang dilakukan instansi pendidikan di pusat baik di daerah untuk serta menyertakan dorongan penerapan prokes.

"Mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat menyelenggarakan aktivitas/kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19," tuturnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan