Kapal Canggih China Angkat Serpihan KRI Nanggala 402, Ini Penampakannya

Kapal Angkatan Laut China mengangkat serpihan KRI Nanggala 402 di yang tenggelam di perairan Bali Utara.

"Setelah dilakukan identifikasi lebih lanjut, bagian-bagian KRI Nanggala telah ditemukan," ujar Panglima Komando Armada II Laksmana Muda Iwan Isnurwanto, Selasa (18/5/2021).

Dijelaskannya, sebagian besar serpihan adalah komponen kapal, diantaranya antena ESM, pelindung kabel torpedo, personal life-faft, hidrofon PRS, plat badan luar, C-type wrench, technical hand book dan technical manual.

Serpihan ditemukan dan berhasil diangkat dari kedalaman 839 meter oleh sistem robotik yang dimiliki kapal AL China. "Tidak mudah untuk bisa memegang kemudian mengangkatnya," ujar Isnurwanto.

Dia menambahkan, saat ini masih ada tiga kapal AL China yang terus melakukan operasi pencarian KRI Nanggala 402 di lokasi. Terdiri kapal Yongxingdao-863, Nantuo-195 dan Tan Suo-2. "Juga enam KRI terdiri KRI Rigel, Soeharso, Hasan Basri, Teluk Banten, Rengat dan Soputan," tutup Isnurwanto.

Sebagaimana diketahui, Kapal Selam KRI Nanggala-402 dilaporkan hilang kontak saat sedang melakukan operasi penggenangan peluncur torpedo di perairan utara Bali pada Rabu pagi sekitar pukul 04.25 WITA.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan kapal selam tersebut tenggelam di kedalaman 838 Meter, dan 53 awaknya gugur. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan