Prabowo-Puan di Pilpres 2024? Ini Hasil Survei Capres-Cawapres Terkini

Partai Gerindra membeberkan peluang ketua umum mereka, Prabowo Subianto, maju Pilpres 2024 dengan sokongan PDI Perjuangan. Wacana duet Prabowo dengan elite PDIP, Puan Maharani, mengemuka.

Perihal peluang Prabowo nyapres disokong PDIP disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Kamis (27/5/2021). Muzani berbicara hubungan baik Prabowo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Hubungan kita yang baik dengan PDIP, hubungan Pak Prabowo yang baik dengan Ibu Mega, saya kira semua sudah tahu sejak beliau belum ditetapkan sebagai Menhan dan sampai sekarang hubungan itu baik, tidak ada masalah dan itu menjadi sebuah kemungkinan adanya peluang untuk dimungkinkannya Pak Prabowo maju bersama PDI. Tapi pembicaraan tentang itu belum sampai pada hal-hal yang detail," kata Muzani.

Meski demikian, belum ada pembicaraan resmi soal Prabowo nyapres di 2024 di internal Partai Gerindra. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan ada forum resmi terkait pencapresan.

"Untuk forum yang resmi maupun langsung bicara dengan Pak Prabowo, itu kita belum ada khusus mengenai pilpres. Belum ada. Kami masih fokus pada konsolidasi partai," ujarnya, Jumat (28/5).

Direktur Parameter Politik Adi Prayitno menyebut Partai Gerindra bersama PDIP akan mengusung Prabowo Subianto sebagai capres dan Puan Maharani sebagai cawapres pada 2024.

Bergabungnya Gerindra ke dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat ini dinilai sebagai salah satu upaya membangun koalisi di 2024. Gerindra dan PDIP dinilai serius membangun jalan menuju 2024.

"Pernyataan Muzani menggembok kepastian PDIP dan Gerindra maju bareng mengusung Prabowo dan Puan di pilpres," katanya.

Lalu, seberapa kuat duet Prabowo dan Puan Maharani andai jadi direalisasikan? Sejauh ini belum ada survei yang mengotak-atik simulasi duet di Pilpres 2024, namun nama Prabowo dan Puan jadi yang terkuat dalam survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden.

Prabowo Subianto

Survei Y-Publica yang dilakukan pada 1-10 Mei 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error ±2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasilnya, nama Prabowo menjadi yang kedua terkuat (16,7 persen), di bawah Ganjar Pranowo (20,2 persen).

Sementara itu, survei Puspoll Indonesia yang dilakukan pada 20-29 April 2021 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur, menetapkan Prabowo sebagai tokoh calon presiden dengan elektabilitas tertinggi (20,9 persen). Total sampel 1.600 responden, margin of error 2,45 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Puan Maharani

Survei Y-Publica yang sama, menunjukkan elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani dalam bursa calon presiden (capres) rendah, hanya mencapai 0,7 persen. Namun Puan diunggulkan dalam bursa calon wakil presiden (cawapres).

Temuan survei Y-Publica menunjukkan elektabilitas Puan paling tinggi di antara sejumlah nama populer lainnya, yakni mencapai 16,2 persen, dalam bursa cawapres itu. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan