176 Nakes dari TNI Tiba di Jakarta, Siap Bantu di Wisma Atlet

Sebanyak 176 tenaga kesehatan dari Perwira Prajurit Karir (Pa PK) dan siswa Kursus Tenaga Kesehatan (Susgakes) Akademi Militer tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Mereka akan diperbantukan menangani COVID-19 di Wisma Atlet.

"Siapa pun yang ditugaskan dalam penugasan adalah suatu kebanggaan dan kehormatan. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menghormati, menjaga kehormatan ini dengan terus berupaya memberikan yang terbaik dalam penugasan," kata Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono, dalam sambutannya, Senin (28/6/2021).

Tugas menyampaikan, sesampai di Wisma Atlet, ratusan nakes itu akan diberi pembekalan dan bimbingan melayani pasien COVID-19. Dia menekankan agar protokol kesehatan menjadi hal wajib yang harus selalu diterapkan saat bertugas.

"Kalian siapkan tenaga, pikiran serta selalu jaga kesehatan dan yang paling penting mulai saat ini protokol kesehatan wajib dilaksanakan oleh semua personel di manapun berada dalam bertugas," tegasnya.

Tugas mengatakan misi mereka diterjunkan ke Wisma Atlet untuk membantu penyembuhan pasien COVID-19. Prioritas utama, kata Tugas, adalah memberikan pelayanan terhadap para pasien.

"Perlu digarisbawahi tenaga kesehatan melaksanakan pelayanan pada pasien COVID-19, bukan pasien yang tidak terpapar COVID-19, artinya pasien yang bisa menularkan dan kita harus bisa menyembuhkan mereka," ujarnya.

Kedatangan Perwira Siswa ini sebagai tambahan nakes untuk ditugaskan di wilayah Jakarta yang masih membutuhkan tenaga kesehatan, khususnya di Wisma Atlet dan tempat isolasi Khusus Orang Tanpa Gejala (OTG) Rumah Susun Nagrak serta Rumah Susun Pasar Rumput yang juga disiapkan. Nantinya mereka akan ditempatkan di tiga tempat tersebut.

Adapun tenaga kesehatan ini terdiri dari dokter umum 120 orang, dokter gigi 20 orang, keperawatan 8 orang, farmasi apoteker 12 orang, fisoterapi 4 orang, radiologi 2 orang, kesehatan lingkungan 1 orang, gizi 4 orang, elektro medis 1 orang, perawat gigi 1 orang, analisa medis 2 orang, dan rekam medis 1 orang.

Ratusan personel nakes TNI yang dikirim merupakan Pa PK angkatan 28 Reguler. Sementara itu, Susgakes yang dikirim merupakan angkatan 28B Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Turut hadir pada kegiatan penyambutan, Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa, Danpusdikma Kodiklat TNI Brigjen TNI Herianto Syahputra, dan para pejabat Mabes TNI. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan