Akhirnya Deal Juga, Prabowo Borong Kapal Perang Italia ke RI

Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, di bawah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, berhasil memboyong delapan kapal perang salah satu produsen kapal terkemuka di dunia asal Italia, Fincantieri.

Nantinya Fincantieri akan menyediakan enam fregat baru kelas FREMM dan dua fregat bekas kelas Maestrale disertai dukungan logistik yang dibutuhkan.

"Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program," tulis laman resmi Fincantieri seperti dikutip CNBC Indonesia, dikutip Sabtu (12/6/2021).

Produsen kapal ini juga mengklaim pesanan dari Kemhan RI merupakan keberhasilan bagi perseroan dan Italia yang telah memiliki 10 fregat kelas FREMM. Kesepakatan tersebut juga sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara.

"Modernisasi dua kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia," tulis Fincantieri.

Selain itu, Fincantieri mengklaim pembangunan fregat akan memberikan manfaat yang signifikan, tidak hanya untuk beberapa galangan kapal di Italia pada tahun-tahun mendatang, melainkan juga perusahaan lain di sektor ini. Misalnya adalah Leonardo serta perusahaan skala kecil dan menengah di Italia.

Fincantieri juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan perusahaan pelat merah Indonesia di bidang perkapalan, yaitu PT PAL (Persero).

"Modernisasi dua kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia," tulis Fincantieri.

Lalu seperti apa spesifikasi dua jenis kapal perang buatan Italia tersebut? Berikut spesifikasinya, sebagaimana dilansir dari Naval News.

Maestrale

Maestrale adalah kelas fregat ringan yang dibangun pada 1980-an oleh Fincantieri untuk Angkatan Laut Italia (Marina Militare). Delapan dibangun dan yang terakhir dari kelas ditugaskan pada tahun 1985. Empat masih dalam pelayanan di Angkatan Laut Italia tetapi akan digantikan oleh kelas Bergamini.

Berat: 3040 ton

Panjang: 123 meter

Lebar: 13 meter

Kedalaman: 4,2 meter

Kecepatan maksimum: 33 knot

Jangkauan: 6000 mil laut dengan kecepatan 15 knot

Jumlah kru yang dapat diangkut: 225

Persenjataan: 4 × rudal anti-kapal TESEO Mk-2, peluncur ganda; 4 × Albatross octuple Aspide SAM launchers, 1 × Otobreda 127 mm/54 gun; 2 × Oto Melara Twin 40L70 DARDO CIWS; 2 × Pencoklatan HB2B 12,7 mm; 2 × MG 42/59 7,62 mm; 2 × 533 mm tabung torpedo; 2 × 324 mm tabung torpedo rangkap tiga dengan torpedo Mk-46 Mod.2

FREMM

FREMM adalah kelas frigat serbaguna yang dirancang oleh Fincantieri dan Naval Group untuk Angkatan Laut Italia dan Prancis. Namun, FREMM yang dibangun oleh Fincantieri lebih berat dan lebih bersenjata daripada saudara perempuan mereka dari Angkatan Laut Prancis.

FREMM mampu membuat berbagai misi termasuk perang anti-kapal selam serta perang anti-kapal dan anti-udara.

Berat: 6700 ton

Panjang: 144m

Lebar: 7.6m

Kedalaman: 19,7m

Propulsi: CODLAG

Kecepatan maksimum:> 27 knot

Jangkauan: 6000 mil laut pada 15 kn

Jumlah kru yang dapat diangkut: 145

Senjata: 16 MBDA Aster 15 dan 30 rudal; 2 × Leonardo OTO Melara 76/62 mm senjata Davide/Strales; 2 × sistem senjata jarak jauh Leonardo Oto Melara/Oerlikon KBA 25/80 mm; 8 × MBDA Teseo\Otomat Mk-2/A rudal anti-kapal dan serangan darat; 2 × tiga peluncur Leonardo B-515/3 untuk torpedo MU 90.

Fasilitas penerbangan: terdapat 2 hanggar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan