Bendungan Ladongi Siap Diisi Air pada Juli 2021

Pembangunan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara hampir selesai. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR akan mengisi air atau impounding Bendungan Ladongi pada Juli 2021.

"Pembangunan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara memasuki tahap akhir. Dengan proges konstruksi yang telah mencapai 90,28%. Pengisian air awal (impounding) direncanakan sudah dapat dilakukan pada Juli 2021," tulis akun Instagram @kemenpupr, Jumat (25/6/2021).

Melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) IV Kendari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air, Kementerian PUPR membangun Bendungan Ladongi sejak 2016 dengan masa pelaksanaan hingga akhir 2021.

Pembangunan bendungan ini bertujuan mengoptimalkan potensi aliran Sungai Ladongi sebagai sumber daya air di Kabupaten Kolaka Timur.

Bendungan tersebut dibangun dengan anggaran Rp1,14 triliun, Bendungan Ladongi yang memiliki fungsi utama untuk mencegah terjadinya kekeringan di areal persawahan. Jadi ke depannya dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Kolaka Timur.

Lebih detail kapasitas tampung bendungan tersebut mencapai 45,95 juta m3 dengan luas genangan serta area sabuk hijau 246,13 ha. "Kemampuan ini membuat Bendungan Ladongi akan melayani area irigasi seluas 3.604 ha secara kontinu," katanya.

Tidak hanya itu saja, Bendungan Ladongi juga bermanfaat sebagai sumber air baku. Kapasitasnya sebesar 0,12 m³/detik, sehingga sangat potensial mendukung sumber pembangkit energi listrik 1,3 MW. "Bendungan ini juga akan sangat menolong sebagai pengendali banjir sebesar 132,25 m³/detik," tulis akun tersebut.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan