Corona Varian Delta Ditemukan di Kudus, Airlangga: Ini Tidak Main-main!

Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, menyoroti kasus virus Corona varian Delta di Kudus, Jawa Tengah. Airlangga meminta warga tidak main-main dengan kondisi saat ini.

"Ini tidak main-main. Tingkat penyebaran dari strain Delta itu 95 persen, jadi ini yang kita harus jaga karena berbeda dari strain-strain yang lain," kata Airlangga saat kunjungan di kantor Kecamatan Jatinom, Klaten, Sabtu (19/6/2021).

Menurut Airlangga, kunci menangani penyebaran Corona adalah dengan memakai masker karena dapat mengurangi risiko tertular 95 persen.

"Saya ingatkan kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas, pakai masker itu mengurangi COVID 95 persen. Jadi disiplin itu kuncinya," ujar Airlangga.

Terkait kasus di Kudus, Airlangga meminta warga yang pulang dari Kudus diisolasi dulu. Bahkan jika perlu dilakukan swab PCR.

"Keluarga yang baru ziarah ataupun silaturahmi dari Kudus diisolasi dulu. Kalau bisa isolasi wilayah lima hari, kalau sudah aman dua kali PCR baru berbaur," katanya.

Airlangga menyebutkan bahwa untuk mencegah penyebaran Corona juga dengan meningkatkan imunitas. Untuk mendorong kuatnya imunitas adalah menambah asupan protein.

"Salah satu untuk pendorong imunitas adalah protein. Oleh karena itu daging ayam dan telur menjadi penting dan gerakan membagi telur dan daging sudah kita mulai kemarin di Jawa Barat," jelasnya.

Untuk itu, warga perlu terus didorong untuk mengonsumsi protein. Dan protein yang harganya kompetitif adalah daging dan telur ayam.

"Yang harganya kompetitif dalam tanda petik murah adalah daging ayam dan telur dan bisa beternak juga," imbuhnya.

Pantauan detikcom, kunjungan Airlangga di Klaten tersebut disertai Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Bupati Klaten, perwakilan MURI dan Muspida. Sebelum bertemu warga di kantor Kecamatan Jatinom, Airlangga berziarah ke makam keluarga dan makam Ki Ageng Gribig.

Di sela kunjungan, Airlangga membagikan 50 ribu butir telur, daging ayam, motor pengangkut sampah dan bantuan perbaikan kantor kecamatan.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan