Dipanggil ke Istana, Anies dkk Dapat Arahan Ini dari Jokowi soal Corona

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta hari ini dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana, Jakarta, untuk membahas perihal lonjakan kasus COVID-19. Ada sejumlah arahan yang diberikan kepada para forkopimda tersebut.

Forkopimda yang hadir di antaranya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Selain itu, hadir juga para wali kota dan kapolres di DKI Jakarta.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan, dalam arahannya, Jokowi meminta Forkopimda DKI untuk terus menekan laju penyebaran COVID-19.

"Bahwasanya peningkatan COVID di Jakarta itu sangat meningkat signifikan dan beliau meminta kepada pemda khususnya DKI Jakarta karena sudah masuknya virus dari India, ya jadi Pak Presiden meminta kepada kita sebagai perangkat pemerintah daerah untuk menekan bagaimana cara-cara seperti vaksin yang sebelumnya," kata Prasetio di Istana, Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Jokowi, kata Prasetio, juga meminta agar target pemakaian masker di DKI Jakarta dikejar. Dia mengungkapkan, target pemakaian masker di DKI Jakarta sebesar 95 persen. Sementara, saat ini, baru 78 persen warga DKI Jakarta yang menggunakan masker.

"Di sini juga Pak Presiden mengimbau sekarang masalahnya bukan ada di perkantoran atau di apa, karena masyarakat Jakarta secara prosentase pemakaian masker itu obatnya cuma masker. Antara masker, pakai masker semua sudah 78 persen dan targetnya harus 95 persen," ungkap dia.

Jokowi juga meminta vaksinasi COVID-19 untuk terus digalakkan. Prasetio mengungkapkan, Jokowi meminta DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi, utamanya di daerah padat penduduk.

"Nah di sini Presiden meminta kepada masyarakat Jakarta ya seperti daerah-daerah yang padat itu harus cepat divaksin," kata Jokowi.

"Vaksinasi di Jakarta cepat. Itu kayak seperti di pelabuhan, daerah padat itu haru divaksinasi. jadi penekanan-penekanan itu yang harus dikerjakan pemda untuk supaya Jakarta, imbas dari Idul Fitri kemarin adalah dampaknya sekarang berasa," lanjut dia.

Selain itu, lanjut Prasetio, Jokowi juga meminta agar semua forkopimda untuk turun ke lapangan. "Pak Presiden mengarahkan kepada kita perlu tindakan lapangan. Jadi kalau saya melihat, gubernur, kami pangdam, kapolda itu harus banyak di lapangan," ujarnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan