Ganjarist Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

Kelompok relawan bernama Ganjarist (Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu) mendeklarasikan diri untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024. Ganjarist sepakat Ganjar adalah sosok terbaik yang bisa menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang masa jabatannya selesai 3 tahun lagi.

"Kami menyepakati untuk mengusung Pak Ganjar Pranowo sebagai salah satu putra terbaik bangsa yang kira-kira paling kompatibel yang bisa melanjutkan apa yang sudah dikerjakan oleh Pak Jokowi. Ini saatnya berarti harus ada kandidat yang lebih fresh, lebih punya kapabilitas yang kira-kira kompatibel dengan Pak Jokowi," ujar Ketua Umum Ganjarist, Mazdjo Pray, dalam jumpa pers di Hotel Neo+, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021).

Deklarasi ini dihadiri sekitar 15 pengurus inti Ganjarist. Adapun Ganjarist sengaja memilih tanggal 1 Juni 2021 karena bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Mazdjo menegaskan Ganjarist terbentuk bukan atas permintaan Ganjar, melainkan inisiatif dari para relawan. Menurutnya, Ganjar mustahil membuat kelompok relawan pendukung mengingat baru-baru ini diterpa kisruh politik.

"Kita membentuk Ganjarist ini bukan atas permintaan Pak Ganjar. Tapi kita dorongan moral, politik baik hati. Kita akan membantu mengekspos hasil-hasil kerja, kreativitas Pak Ganjar di Jawa Tengah ke seluruh Nusantara, kurang-lebih gitu. Bukan suruhan," jelasnya.

"Pak Ganjar mungkin mikir juga, dengan situasi kemarin, beliau juga tidak akan melakukan hal itu. Dan belum pernah kami mendengar Pak Ganjar meminta si A, si B, untuk menjadi relawan, belum pernah," sambung Mazdjo.

Selain itu, kata Mazdjo, Ganjarist belum pernah berkomunikasi dengan Ganjar secara langsung. Hanya, pihaknya pede Ganjar menyadari kehadiran Ganjarist.

"Kita tidak sampai sejauh itu sebenarnya. Intinya adalah gerakan yang sifatnya kita ajak teman-teman untuk dukung Pak Ganjar, bukan disuruh mendukung Pak Ganjar. Artinya kita hadir dulu. Kalau di kemudian hari Pak Ganjar tahu, ya alhamdulillah. Kalau nggak pun, nggak ada masalah. Komunikasi langsung belum pernah," paparnya.

Ganjarist Buka Peluang Jadi Timses

Sementara itu, Mazdjo menyebut peluang Ganjarist menjadi tim sukses (timses) Ganjar pada 2024 tipis lantaran bukan jadi cakupan mereka. Dia juga menyatakan Ganjarist tidak akan berkomunikasi dengan PDIP.

"Masih terlalu jauh kalau timses. Tapi ya siapa yang tidak mau? Tapi tidak. Sekali lagi arahnya bukan menjadi timses. Kita ini di lingkaran yang paling luar. Mungkin timses dan sebagainya itu domainnya parpol atau pengusung nanti. Kita nggak ikut-ikutan di situ. Kita berada di domain paling luar, domain masyarakat awam," terang Mazdjo.

"Yang jelas, Ganjarist akan berada di lingkaran paling luar. Kalau komunikasi dengan partai, tentu kami secara formil tidak perlu. Karena partai pasti punya program sendiri. Punya tim sendiri. Tapi kami akan bermitra dengan siapa pun yang nanti akan mendorong Pak Ganjar, intinya itu. Siapa pun partainya. Ini bukan domain kita. Itu kan semacam persyaratan menjadi capres, itu perlu parpol, kita semua tahu itu. Tapi kita nggak akan sampai sana. Kita benar-benar di luar," sambungnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan